Update

8/recent/ticker-posts

Presiden Ingatkan Menteri Jangan Asal Bicara Covid-19

 


JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta para menteri hati-hati menyampaikan pernyataan terkait penanganan virus corona (Covid-19) ke publik.


Dia meminta jajarannya berkoordinasi terlebih dahulu ke Juru Bicara Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito sebelum berkomentar ke media.


“Saya minta setiap ingin statement yang urusannya dengan Covid-19 itu betul-betul ditanyakan lebih dahulu, dikoordinasikan lebih dahulu dengan namanya Prof Wiku,” ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas dari Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (24/8/2020).



Hal ini disampaikan Jokowi lantaran jurnalis asing kerap memberitakan hal yang tak baik terkait penanganan Covid-19 di Tanah Air.


Dia mengingatkan para menteri memperbaiki pola komunikasi ke media.


“Oleh sebab itu, saya minta setiap mau statement yang urusan mengenai Covid-19, betul-betul ditanyakan lebih dulu dengan yang namanya Prof Wiku,” ucapnya.


Menurut dia, tak perlu semua menteri berkomentar terkait penanganan virus corona.


Sebab, pemberitaan yang tak baik terkait penanganan Covid-19 juga akan berpengaruh terharap perekonomian Indonesia yang turun akibat pandemi corona.


“Tidak semua berkomentar dan yang mereka ambil dari statement-statement kita berbeda-beda semuanya.


Satu itu saja yang namanya Prof Wiku itu diajak, kalau memang mau bicara,” jelas dia.


Padahal, dia menilai sejauh ini upaya penanganan virus corona yang dilakukan pemerintah sudah sesuai tahapan.


Khususnya, terkait perkembangan vaksin Covid-19 dimana Indonesia berhasil mendapatkan komitmen 290 juta vaksin.


“Menurut saya track kita sudah betul, baik dari mencari vaksin, negara lain belum cari vaksin, kita sudah ke sana ke sini cari vaksin,” tutur Jokowi.[re]