Update

8/recent/ticker-posts

Pesan Megawati : Rakyat Harus Kamu Beri Makan

 

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berpesan kepada para calon kepala daerah dari partainya untuk mempersiapkan sejumlah program peningkatan kesejahteraan bagi rakyat apabila terpilih nantinya.

Apalagi, saat ini Indonesia masih dilanda wabah virus corona ( Covid-19) yang sangat berimbas bagi perekonomian masyarakat.

Berkaca dari nasehat proklamator Bung Karno, hal yang paling penting bagi rakyat adalah sandang, pangan dan papan.    

"Saat wabah Covid-19 ini, saya berpikir (nasehat) Bapak saya, Bung Karno. Ketika mulai belajar politik, saya tanya beliau, apa yang paling penting bagi rakyat dari sandang papan, pangan? Beliau bilang, coba kamu pikir apa yang tiap hari harus kamu lakukan? Saya jawab, makan," ujar Megawati dalam sambutannya di acara pembukaan Sekolah Partai PDI-P secara virtual, pada hari Minggu (13/9/2020).

"Apa artinya? Rakyat kamu beri makan, apalagi ditambah kalau bisa sandang, pakaian, kepintaran, sekolah, pendidikan, supaya sehat, tidak stunting, tidak kurang gizi, kesehatan, vaksinasi," lanjut dia.

Megawati sudah menginstruksikan agar kader yang terpilih jadi kepala daerah secara khusus mempersiapkan program ketahanan pangan.

Wabah yang saat ini terjadi memunculkan perkiraan bahwa pangan akan menjadi barang langka di masa mendatang.

"Urusan makan itu, kalau nanti beras berkurang, saya bikin sebuah perencanaan pendamping beras. Jadi bukan pengganti loh. Ada 10 yang sudah saya berikan, sukun, jagung, umbi-umbian, porang, sorgum, ketela, sagu, talas, hanjeli, dan jali-jali," kata dia.

Megawati juga meminta tanah-tanah kosong ditanami berbagai macam komoditas sebagai antisipasi apabila pemerintah tidak bisa mengimpor beras lagi akibat pandemi ini.

Menurut Megawati, para calon kepala daerah dapat berdiskusi dan bertanya tentang program kesejahteraan seperti apa yang dapat dilakukan apabila terpilih nantinya.

Mereka diharapkan tidak kurang pergaulan dan kurang pengetahuan dalam menjalankan program tersebut.

Ia mencontohkan pro kontra yang timbul di masyarakat dalam hal vaksinasi bagi anak- anak.

"Belajar. Tanya, kalau meragukan. Bukannya menyuruh rakyat tidak boleh mendapatkan vaksinasi, karena itu untuk mencegah. Seperti sekarang, orang kebingungan karena tidak ada obat, sedang mencari vaksinasinya," kata Megawati.

"Jangan berpikiran kuper, kurang pengetahuan. Kalau tadi saya lihat jumlahnya sebegitu. Lalu untuk apa pengetahuan yang kalian cari kalau tidak diberikan menjadi kemaslahatan rakyat banyak?" lanjut dia.

Selain itu, Megawati juga meminta para calon kepala daerah untuk membuat program khusus bagi perlindungan anak sejak usia dini dan pemberdayaan perempuan.

"Urusin itu bayi-bayi, anak-anak, kasih makan yang bergizi. Tolong saya. Nanti yang paling utama, kalau ibu-ibu (calon kepala daerah) jadi, bikin program. Daging sehatlah. Bayi itu perlu susu. Jadi maksud saya, please, please, ini bagi kepentingan rakyat banyak. Kasihan mereka," kata dia.[red_Kmp]