Update

8/recent/ticker-posts

Menkumham : Pembangunan SDM Kunci Pemerintahan Berkelas Dunia

 


Jakarta – Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly dalam Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II,pada Selasa (01/09) di Gedung Sekretariat Jenderal.

“Pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kunci mewujudkan pemerintahan berkelas dunia” tegas Yasonna.

Pemerintah membutuhkan pemimpin dan aparatur yang handal, memiliki energi yang kuat, dan memiliki integritas teruji.

"Di tangan pemimpin seperti ini, maka pemerintahan berkelas dunia akan terwujud," lanjut Yasonna.


Terkait dengan pandemi Covid-19 yang sekarang melanda, Yasonna yang didampin oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Bambang Rantam Sariwanto mengajak para peserta untuk tetap berkarya dan produktif dalam pengembangan diri dan instansi.


Pelatihan kepemimpinan yang sebelumnya dilaksanakan secara tatap muka, kali ini menggunakan metode pembelajaran jarak jauh. "Distance learning adalah solusi dalam menambah kompetensi ASN saat ini," tegas Yasonna.


Sementara itu Kepala Lembaga Administrasi Negara, Adi Suryanto mengapresiasi Kemenkumham yang menggagas pelatihan kepemimpinan nasional untuk dua angkatan sekaligus, yaitu angkatan 19 dan angkatan 20.


 "Ini adalah terobosan yang baik di masa pandemi Covid-19. Kemenkumham telah melakukan pelatihan kepemimpinan dengan baik dan dapat menjadi contoh bagi Kementerian dan Lembaga lainnya," tutur Adi.


Sebagaimana di ketahui Kemenkumham melalui BPSDM ( Badan Pembinaan Sumber Daya Manusia) Hukum dan HAM sebagai unit pusat yang bertugas mengembangkan kompetensi pegawai, menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II sebagai upaya membentuk kepemimpinan aparatur Kemenkumham dan instansi lainnya menjadi pemimpin visioner yang terus bergerak untuk kemajuan Negara Indonesia.


Tema pelatihan ini adalah Reformasi Hukum Dalam Rangka Mewujudkan Pemerintahan Kelas Dunia. Pelatihan ini bertujuan agar para peserta dapat mengimplementasikan hukum sebagai instrumen negara untuk mencapai tujuan nasional Negara Indonesia.



Untuk mewujudkan sosok aparatur hukum yang mampu mengemban tugas dan tanggung jawab tersebut, perlu dilaksanakan pembinaan secara terus menerus, diantaranya melalui jalur pendidikan dan pelatihan.


Pengarahan Menteri Hukum dan HAM dilakukan secara virtual kepada seluruh peserta pelatihan kepemimpinan nasional tingkat II tahun 2020.

Selain Sekretaris Jenderal turut mendampingi, Kepala Biro Humas Hukum dan Kerjasama Pagar Butar Butar, Kepala Biro Umum Lucky Agung B dan Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Teknis dan Kepemimpinan BPSDM Kemenkumham, Hantor Sitimorang.[]



Publiser : Dedi