Update

8/recent/ticker-posts

PENGUATAN ZI DI LINGKUNGAN KANWIL KUMHAM SULTENG OLEH STAF AHLI MENTERI


PALU - Dalam rangka evaluasi Pembangunan Zona Intergritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sekaligus Evaluasi Kesiapan Satuan Kerja dalam menghadapi Penilaian oleh Tim Penilai Nasional (TPN).

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah melaksanakan Kegiatan Penguatan dan Pendampingan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2020 Secara Virtual oleh Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Reformasi Birokrasi, Nugroho,pada Rabu (23/9).

Bertempat di Ruang Media Teleconference lantai II, kegiatan penguatan ini dihadiri oleh Kepala Divisi Administrasi, Burhazir Zamda R., Kepala Divisi Pemasyarakatan, Sunar Agus dan Koordinator 6 Area Perubahan ZI di Kantor Wilayah serta Kepala UPT di Wilayah Kerja Kemenkumham Sulawesi Tengah secara Virtual.

Burhazir Zamda R. atau yang akrab disapa dengan Bonar menyampaikan tujuan dari kegiatan Penguatan dan Pendampingan Pembangunan Zona Integritas ini.

“Penguatan dan Pendampingan Pembangunan Zona Integritas ini bertujuan sebagai pembekalan dan penguatan dalam implementasi Pembangunan Zona Integritas dan persiapan pelaksanaan evaluasi akhir oleh Tim Penilai Nasional sehingga akan berdampak pada peningkatan Reformasi Birokrasi dan peningkatan kinerja Kementerian Hukum dan HAM secara keseluruhan”, ucap Bonar.

Selanjutnya, Staf Ahli Menteri Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi, Nugroho. Dalam sambutannya, Nugroho menyampaikan kunci dari kesuksesan dalam meraih predikat WBK WBBM.

"Kerjasama Tim dan pemahaman tentang apa itu Zona Integritas adalah modal utama dalam usaha mencapai Predikat WBK WBBM. Wujudkan kualitas pelayanan publik yang mudah, murah, ramah dengan sarana dan prasanan yang memadai. Tunjukan bahwa ASN siap melayani masyarakat bukan hanya slogan semata”, pungkasnya.

Usai Sambutan Staf Ahli Menteri Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi, Nugroho, kegiatan dilanjutkan dengan Penguatan dan Pendampingan yang dilaksanakan dengan format Simulasi Desk Evaluasi Tim Penilai Nasional (TPN) oleh Staf Ahli Menteri Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi.

Nugroho dilakukan terhadap 7 Satuan Kerja Wilayah Sulawesi Tengah yang di usulkan menjadi WBK termasuk Kantor Wilayah Kemenkumham Sulwesi Tengah, Nugroho memaparkan bahwa Simulasi Desk Evaluasi Tim Penilai Nasional dibuat semirip mungkin dengan format Penilaian yang akan dilaksanakan oleh Tim Penilai Nasional.

Alur simulasi diawali dengan penampilan yel-yel, penayangan video profil Satuan Kerja maksimal 15 menit dan paparan oleh Kepala Satuan Kerja selama dan selanjutnya adalah penyampaian evaluasi dan arahan dari Narasumber.

Dari beberapa Satuan Kerja yang telah melakukan Simulasi Desk Evaluasi Tim Penilai Nasional.

Nugroho memberikan arahan dan evaluasi pada Satuan Kerja, “Untuk video perhatikan durasi waktu agar efektif, paparan agar dipersiapkan dan dikemas dengan jelas, dan saat intermezzo lakukan perkenalan terlebih dahulu.

Sisanya sudah baik dan tinggal dimatangkan kembali persiapan Desk Evaluasi Tim Penilai Nasional nanti", Ucap Nugroho.[HST]