Update

8/recent/ticker-posts

Dimasa Pandemi Covid-19,Lapas Narkotika Jakarta Budi Daya Ikan Lele

JAKARTA - Dimasa pandemi covid-19 tidak menyurutkan semangat warga binaan Lapas Narkotika Jakarta untuk tetap melakukan aktivitas kegiatan kerja seperti hari biasa.pada Rabu (07/10).

Salah satu kegiatan kerja  warga binaan Lapas Narkotika Jakarta yang dilakukan  adalah pembudidayaan ikan lele,  yang memanfaatkan Area Beranggang luar yang berada di sekeliling lapas sebagai sarana penempatan kolam-kolam pembudidayaan ikan lele.

Dalam kegiatan ini, warga binaan dilatih dan diajarkan melalui pelatihan-pelatihan yang dilakukan oleh Suku Dinas Kelautan, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (KPKP) agar bisa membudidayakan ikan lele , dan diharapkan setelah warga binaan telah selesai menjalani masa pidananya atau bebas, mereka dapat membuka peluang usaha diluar, sehingga mendapat manfaat dari pembelajaran yang mereka lakukan di dalam Lapas Narkotika Jakarta.

Lapas Narkotika Jakarta Juga Bekerja sama dengan Yayasan Qudwah Al-Barosiyah berupa pelatihan kemandirian bersertifikasi bagi warga binaan di lapas, untuk mewujudkan SDM unggul melalui pelatihan keterampilan bersertifikasi yang akan menunjang Lapas Narkotika Jakarta menjadi Lapas Industri.

Dalam pelaksanaan  setiap harinya, ikan lele diberikan makan sesuai dengan takarannya, apabila ada yang Sakit atau kulitnya berjamur, maka ikan lele akan di sortir dan dipisahkan antara yang sakit dengan yang sehat dengan kolam yang berbeda, untuk diobati penyakitnya sehingga meminimalisir terjadinya mati massal di kolam yang sama.

Soeistanto Poedji D. selaku Kepala Seksi Kegiatan Kerja menjelaskan kepada tim humas Lapas Narkotika Jakarta “Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang pembelajaran bagi para warga binaan, sehingga ketika mereka bebas, mereka dapat mengaplikasikannya diluar dan meraih income dari pembudidayaan tersebut.”

Kalapas Narkotika Jakarta Oga G. Darmawan  mengaku bangga dan Senang dengan adanya pelatihan pembudidayaan tersebut, beliau berkata ”Budidaya Lele di Lapas Narkotika Jakarta ini, sangat bermanfaat bukan hanya bagi kita maupun warga binaan lapas kita, ini juga bermanfaat bagi Unit Pelaksana Teknis (UPT-red) lainnya beberapa minggu lalu, kita sudah bagikan bibit-bibit ikan lele yang jumlahnya puluhan ribu, yang berhasil kita pisahkan sendiri dengan indukan-indukan ikan lele unggulan di Lapas Narkotika Jakarta.”

Lanjutnya ”Saya Juga berharap para warga binaan yang sudah mendapat pelatihan dapat mengaplikasikan Ilmu  mereka tidak hanya di lapas saja tapi juga Setelah mereka bebas, sebagai lahan bisnis bagi mereka, sehingga ketika mereka sudah bebas mereka dapat segera mendapat income dari budi daya yang mereka miliki.” tutupnya.[red]