Update

8/recent/ticker-posts

Peringati Hari Jadi, Kemenkumham Masuki Era Digitalisasi

Jakarta – Dunia berubah dengan sangat cepat dan bergerak dengan begitu dinamis. Transformasi dibidang hukum dan HAM pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) harus terus dilakukan sesuai dengan perkembangan teknologi.

Menjelang hari jadi Kemenkumham 30 Oktober mendatang, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly, menegaskan Kemenkumham siap memasuki era digitalisasi.

“Pemanfaatan teknologi sudah tidak bisa kita tolak dan hindari lagi. Suka tidak suka, harus kita hadapi,” kata Yasonna. “Pandemi Covid-19 menjadi test case, apakah kita telah siap menerapkan digitalisasi di seluruh aspek kinerja,” katanya saat memberikan sambutan pada Peringatan Hari Dharma Karyadhika Tahun 2020, Selasa (27/10/2020) pagi.

Transformasi, kata Yasonna, telah kita lakukan bersama-sama sejak tahun 2015 hingga 2019, dan pada tahun 2020, saatnya kita melakukan revolusi terhadap kinerja Kemenkumham, sehingga hasilnya lebih maksimal. “Revolusi yang paling utama dilakukan adalah revolusi digital. 

Mengapa harus revolusi digital? Karena peradaban zaman ini semakin lama semakin berkembang, semakin maju, bergerak secara eksponensial, dan modern,” kata Laoly.

Selain itu, Hari Dharma Karyadhika tahun ini adalah momentum yang tepat untuk evaluasi dan introspeksi bagi jajaran Kemenkumham. “Sensitifitas kita sebagai aparatur pemerintah harus tajam.

Kita harus mampu menjadi panutan bagi masyarakat dan mampu menyelesaikan persoalan tanpa menimbulkan persoalan baru,” jelas Yasonna di Graha Pengayoman.

Yasonna juga berharap agar pelayanan publik harus terus dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi.

“Inovasi-inovasi baru pelayanan publik dibidang kekayaan intelektual, keimigrasian, pemasyarakatan, administrasi hukum umum, dan pelayanan bantuan hukum juga terus dikembangkan untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat,” katanya.

Menkumham mengajak kepada seluruh jajaran Kemenkumham, bahwa kita bisa dan mampu memberikan yang terbaik untuk negeri ini.

“Tetap semangat bekerja untuk mencapai kinerja tinggi, dan terus menuai prestasi, meskipun dihadapkan pada permasalahan dan keterbatasan waktu kerja akibat pandemi ini,” kata Yasonna.

“Revolusi digital Kemenkumham (merupakan) tonggak bagi suksesnya layanan publik yang semakin PASTI,” tutupnya.

Selamat Hari Dharma Karyadhika Tahun 2020. Dirgahayu Kemenkumham.[*]