Update

8/recent/ticker-posts

Kemensos Salurkan Bansos dan Layanan Rehabilitasi Sosial di Manggarai Barat

Labuan Bajo - Kementerian Sosial RI menyalurkan bantuan sosial di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur.

Kemensos menyalurkan sejumlah bantuan sosial dan bantuan layanan rehabilitasi sosial.

Salah satu bantuan layanan rehabilitasi sosial yang diberikan Kemensos melalui Ditjen Rehabilitasi Sosial.

Yaitu bahan pengasuhan anak, bantuan peralatan sekolah dan bantuan layanan rehabilitasi sosial bagi korban penyalahgunaan Napza dengan total bantuan sebesar Rp. 518,8 juta.

Bantuan secara simbolis diberikan oleh Penasihat Dharma Wanita Kementerian Sosial RI, Grace Batubara kepada Anak binaan LKS Santa Damian Binongko, anak binaan LKS MOP, siswa SLBN Komodo dan Kepala Dinas Sosial Provinsi NTT, Jamaludin, Jumat (27/11/2020) di Kantor Desa Batu Cermin Manggarai Barat.

Kedatangan Grace Batubara dan rombongan disambut oleh alunan musik khas NTT dari alat musik keyboard yang dimainkan oleh Aldi, salah satu Penerima Manfaat dari SLBN Komodo.

Aldi merupakan penyandang disabilitas sensorik netra namun memiliki keahlian bermain keyboard.

Grace dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan sosial yang spesial.

"Hari ini spesial untuk Labuan Bajo, karena mulai dari bantuan keserasian sosial, Bantuan Sosial Tunai (BST) hingga bantuan untuk penyandang disabilitas, anak dan korban penyalahgunaan Napza disalurkan hari ini. Ini bukti Kemensos Hadir di tengah masyarakat di seluruh Indonesia," katanya

Bantuan pengasuhan anak yang terdiri dari alat bantuan untuk penyandang disabilitas anak dan alat edukasi anak diberikan kepada 20 anak yang berada di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Santa Damian Binongko dan LKS Missionary of the Poor (MOP).

Sedangkan bantuan peralatan sekolah diberikan kepada 20 anak dari Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Komodo.

Kemensos melalui Ditjen Rehabilitasi Sosial juga telah menyalurkan bantuan untuk layanan rehabilitasi sosial seperti pemenuhan kebutuhan dasar, terapi, dukungan keluarga hingga keterampilan kepada 151 korban penyalahgunaan Napza.

Bantuan layanan rehabilitasi sosial ini telah disalurkan melalui Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) Yayasan Warna Kasih Kupang dan IPWL Mitra Harapan pada Bulan Mei dan September 2020.

Plh. Sekda Kabupaten Manggarai Barat, Ismail Surdi menyambut baik kedatangan Kemensos RI. Sebagai Pemerintah Daerah, ia mengucapkan terima kasih atas kedatangan Kemensos. Dengan dorongan dan motivasi melalui bantuan ini.

"Semoga usaha masyarakat kami akan lebih bagus lagi. Kehadiran Kemensos juga membantu kami meminimalisir permasalahan sosial di Kabupaten Manggarai," ungkapnya.

Kegiatan ini dihadiri perwakilan dari Ditjen Rehabilitasi Sosial, Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Ditjen Pemberdayaan Sosial, para mitra Kemensos dari Bank Mandiri, BRI, PT. Pos Indonesia.

Serta, Kepala Dinas Sosial Provinsi NTT, Kepala Dinas Sosial Manggarai Barat dan aparat Desa Batu Cermin, Labuan Bajo, NTT.[ip_red]