Update

8/recent/ticker-posts

Komisi III DPR : Pastikan Pilkada 2020 di Lapas dan Rutan Berjalan Baik,Netral, dan Bebas Intervensi

Bandung - Saat melakukan pertemuan dengan jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Barat (Jabar), Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmond Junaidi Mahesa menekankan kepada para petugas di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan) di lingkungan Jabar untuk menjaga integritasnya dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada).

Desmond ingin memastikan jika pelaksanaan pilkada tersebut berjalan dengan baik dan lancar.

“Pastikan Pilkada 2020 pada bulan mendatang di lapas dan rutan berjalan dengan baik, netral, dan bebas dari intervensi manapun," kata Desmond saat melakukan pertemuan dalam Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik Komisi III DPR RI di Jabar, pada Kamis (26/11/2020).

Delapan lapas dan rutan yang menjadi lokasi dilakukannya tempat pemungutan suara (TPS), telah mendata 6.423 warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang ada. 

Hasilnya, sebanyak 3.640 WBP masuk dalam kategori berhak menjadi pemilih, dengan 2.952 diantaranya terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Kepala Kanwil Kemenkumham Jabar, Imam Suyudi mengatakan jajarannya siap mendukung dan mensukseskan pelaksanaan pilkada pada Desember 2020 mendatang.

“Kami telah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jabar, dengan melakukan edukasi dan sosialisasi bagi WBP terkait pelaksanaan pilkada,” jelas Imam.

Imam mengatakan pelaksanaan pilkada dilaksanakan dengan asas LUBER, yaitu langsung, umum, bebas, dan rahasia.

“Sebagai laporan, banyak dari WBP tidak memiliki nomor induk kependudukan (NIK) dan berasal dari luar wilayah,” kata Imam. “Namun, kami telah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat, dan mendata WBP sebagai data awal DPT,” sambungnya di Mapolda Jabar.

Pelaksanaan pilkada di Jabar digelar di delapan kota/kabupaten, yaitu Karawang, Pangandaran, Kab. Bandung, Tasikmalaya, Kab. Sukabumi, Kota Depok, Kab. Cianjur, dan Kab. Indramayu.

Selain melakukan pertemuan dengan Kepala Kanwil Kemenkumham Jabar, Tim Kunker Spesifik Komisi III DPR RI yang dipimpin Desmond juga melakukan pertemuan dengan Kapolda Jabar dan Kajati Jabar di lokasi yang sama.[KH]