Update

8/recent/ticker-posts

Puslitbang Polri Laksanakan Penelitian Tata Kelola SDM dan Implementasi TIK di Polresta Banda Aceh

Banda Aceh - Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH beserta Pejabat Utama menerima Tim Puslitbang Polri yang melaksanakan penelitian tentang Tata Kelola Sumber Daya Polri dalam Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi terpadu di wilayah Polresta Banda Aceh.

Penelitian dilaksanakan pada hari Senin (16/11/20) di Aula Machdum Sakti Polresta Banda Aceh yang diikuti oleh Waka Polresta Banda Aceh, Para Kabag, para kasat, para Kasi dan Operator yang mengawaki atau bertugas pada sentra pelayan publik/internal Polri berbasis online yang ada di Polresta.

Dalam kesempatan tersebut Tim Puslitbang mendatangkan Tim diantaranya Kombes Pol Drs. Adang Suherman, M.Si (Ketua Tim), AKBP Wadi, SH, MH (Kasubdid SDM Bidgasbin selaku Sekretaris), Penda TK I Yuli Pertiwi SE, MM (Pamin Subdid Binrof Bidgasbin) dan Penda TK I Bahrinel Siregar (Bamin Subbag Dokinfo).

Dalam sambutannya, Trisno Riyanto mengucapkan selamat datang kepada Tim Puslitbang Polri di Polresta Banda Aceh dan berharap dengan diselenggarakannya kegiatan penelitian ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang tata kelola sumber daya Polri dalam implementasi Teknologi Informasi dan komunikasi terpadu sehingga dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas kedepan.

Ka Tim Puslitbang Polri Kombes Pol Drs. Adang Suherman, M.Si menyampaikan bahwa metodologi pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif analisis.

“Metode ini digunakan dengan tujuan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang situasi yang diteliti,” katanya.

Selain itu dengan di laksanakannya kegiatan ini dimaksudkan untuk menyatukan semua terobosan menjadi satu pintu yang nantinya apabila sudah menjadi satu pintu, kemudian semua data sudah terkumpul maka akan dibuatkan satu peraturan Kapolri (Perkap).

“Semoga apa yang saya sampaikan ini, kedepannya dapat lebih baik dalam penggunaan teknologi,” tutupnya.

AKBP Wadi, SH, MH menyampaikan bahwa pengelolaan TIK dikewilayahan masih berjalan secara parsial atau sendiri – sendiri. Maka dengan itu, Puslitbang Polri diberikan mandat oleh Kapolri untuk melakukan pengelolaan TIK di tingkat Polda.

Evaluasi per dua atau tiga bulan sekali alat – alat khusus yang dikelola oleh sie tipol untuk dilakukan pengecekan layak atau tidaknya, bila tidak berfungsi lagi, maka sesegera mungkin dilaporkan kepada pengelola TIK, tutur AKBP Wadi.

“Di Polresta Banda Aceh, telah ada E – SIAP yang telah dilaunching beberapa waktu lalu, ini sangat bagus sebagai alat khusus yang dikelola oleh Polresta” tambahnya.

Setelah penayangan video selayang pandang Puslitbang Polri, kegiatan dilanjutkan dengan wawancara kepada para Kabag, Kasat dan Kasi yang di pandu oleh AKBP Wadi SH MH dan pengisian kuisioner oleh operator yang sudah ditunjuk.[tbn]