Update

8/recent/ticker-posts

Cegah kegiatan Ilegal, Satgas Yonif RK 744/SYB Laksanakan Sweeping

Belu - Guna mencegah kegiatan ilegal, Personil Pos salore Satgas Pamtas Yonif RK 744/SYB melaksanakan sweeping bersama di Desa tulakadi, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu - NTT.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif RK 744/SYB Letkol Inf Alfat Denny Andrian, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, pada Rabu (23/12/2020).
Dikatakannya, personel Pos Salore Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB melaksanakan Sweeping sangat berguna untuk mencegah Tindak illegal di perbatasan RI-RDTL.
"TNI selaku garda terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang Menurut undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia memiliki banyak tugas dan salah satunya tugas TNI tersebut yang terdapat dalam Pasal 7 ayat 2, angka 4 yaitu mengamankan wilayah perbatasan," jelasnya.
Sementara Danpos Salore I Letda Inf I Putu Gede Sudarsana menyampaikan Sweeping yang digelar pihaknya adalah merupakan atensi dari pimpinan untuk mencegah sedini mungkin aksi-aksi ilegal yang dimanfaatkan dalam menghadapi natal dan pergantian tahun 2020.
"Fungsi Kami sebagai aparatur negara saat ini adalah penjaga perbatasan RI-RDTL, dimana daerah perbatasan sering digunakan pelaku-pelaku penyelundupan dalam mencari keuntungan," tuturnya.
"Untuk mengelabui petugas dan menghindari pemeriksaan kelengkapan dokumen, mereka sering memanfaatkan jalan tikus yang ada di tiap pos. Adapun barang-barang yang biasa diselundupkan seperti bahan bakar minyak (BBM), narkoba, minuman beralkohol/minuman keras, sembako, hewan ternak hingga kendaraan. Sehingga kami melaksanakan penjagaan dan pemeriksaan di daerah perbatasan sebagai upaya pencegahan.
Danpos Salore juga mengatakan Kegiatan sweeping merupakan wujud sinergitas Satgas dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat perbatasan.[red]