Update

8/recent/ticker-posts

Dinas PMD Sumenep Lakukan Penilaian Lomba Desa

Sumenep - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep menilai langsung pemaparan, pengembangan, dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Desa Rubaru, Kecamatan Rubaru, di Balai Desa setempat.

Semua Perangkat Desa Rubaru yang mengikuti penilaian tersebut berseragam memakai pakaian adat Madura dengan memakai kaos putih bertuliskan “Desa Rubaru Apangrasah Pantes Asabbu' Kaleb”.

Penilaian tersebut dilakukan dalam rangka Lomba Desa tingkat Kabupaten Sumenep tahun 2020.

Ketua Tim Penilai dari Dinas PMD Kabupaten Sumenep, Tabrani mengatakan, Lomba Desa diadakan dalam rangka penilaian perkembangan pembangunan atas usaha masyarakat dalam upaya mendorong, sekaligus meneliti dan menilai keberhasilan masyarakat membangun desa.

“Lomba Desa ini bertujuan memberikan motivasi kepada Pemerintahan Desa (Pemdes) dan masyarakat untuk berlomba dan bersaing secara sportif, dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, melaksanakan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat desa,” ungkapnya,pada Selasa (1/12/2020) kemarin.

Tabrani menambahkan, bahwa Lomba Desa ini selain melakukan verifikasi administrasi pemaparan, evaluasi capaian pembangunan, dan tata kelola pemerintahan juga dilakukan verifikasi lapangan untuk mencocokkan antara administrasi dan kondisi riilnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Rubaru, Rudianto menyampaikan, Lomba Desa ini merupakan suatu langkah inovatif sehingga semua Aparatur Desa berupaya meningkatkan peran dalam pelaksanaan pengembangan di semua aspek di Desa Rubaru.

Tim Penilai tersebut, terdiri dari lintas sektor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpol Linmas).

Serta, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Pemerhati Kesenian, Praktisi Hukum, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan wartawan di lingkungan Kabupaten Sumenep.[red_ip]