Update

8/recent/ticker-posts

Dua Kebijakan Ini Dorong Ekonomi Indonesia Bergelora

Jakarta - Dua kebijakan pemerintah ini akan membuat perekonomian Indonesia menjadi lebih baik pada 2021. Kebijakan yang dimaksud adalah vaksinasi Covid-19 dan implementasi Undang-Undang (UU) Omnibus Law Cipta Kerja yang akan dilaksanakan pada tahun depan.

"Situasi perekonomian kita kedepan akan lebih baik dan akan membaik di tahun 2021 tentunya," ujar Presiden Joko Widodo ketika membuka acara Indonesia Outlook 2021 secara virtual pada Selasa (22/12/2020).

Kebijakan vaksinasi Covid-19 secara massal yang akan dilakukan pada awal 2021 merupakan langkah yang tengah dipersiapkan pemerintah. Dengan melakukan hal itu, maka akan berdampak positif bagi masyarakat yang melakukan kegiatan produktif.

Memutus mata rantai Covid-19 akan membuat berbagai aktivitas masyarakat dapat kembali seperti semula. "Kita akan melakukan vaksinasi Covid-19 secara gratis pada tahun depan," katanya.

Langkah ini juga akan membuat kepercayaan publik semakin meningkat pada pemerintah. Dampaknya, penanganan wabah global ini dapat segera dilakukan di dalam negeri dengan waktu yang relatif lebih cepat.

Selanjutnya, implementasi UU Omnibus Law Cipta Kerja juga akan membuat perekonomian Indonesia semakin baik pada tahun depan. Pasal-pasal yang terkandung dalam perundangan tersebut akan membuat iklim usaha di dalam negeri menjadi lebih baik.

Alhasil, pertumbuhan perekonomian dalam berbagai sektor akan tumbuh secara perlahan-lahan. Kemudian, investor yang datang dari dalam dan luar negeri dapat segera datang ke tanah air.

"Kita sudah mulai kelihatan pulih dan tentunya tren ini diharapkan terus terjaga dan meningkat di tahun 2021," katanya.

Kondisi saat ini, perekonomian Indonesia semakin membaik pasca terkena dampak Covid-19 perekonomian dalam negeri semakin membaik. Ketika terjadinya pandemi, pertumbuhan terkontraksi minus 5,3 persen pada kuartal II, namun setelah adanya kebijakan penanganan Covid-19 terjadi pertumbuhan pada kuartal IV meningkat 3,4 persen.

Ini membuktikan perekonomian dalam negeri tumbuh dalam beberapa bulan terakhir ini. "secara konsisten kebijakan pemulihan ekonomi yang kita jalankan sudah mulai terlihat hasilnya," pungkasnya.[red]