Update

8/recent/ticker-posts

Ini Perbedaan Swab Antibodi, Antigen, dan PCR


JAKARTA - Rapid Test Antigen Swab digunakan sebagai salah satu pemeriksaan untuk mengidentifikasi Coronavirus Disease (Covid-19) di dalam tubuh seseorang.

Sebelumnya, ada Rapid Test Antibodi sebagai upaya penapisan awal Covid-19. Untuk selanjutnya, hasil pemeriksaannya dikonfirmasi melalui pemeriksaan Swab Polymerase Chain Reaction (PCR) Test.

Dari informasi yang dikumpulkan InfoPublik, Senin (21/12/2020), perbedaan dari ketiga tes tersebut yaitu, Rapid Test Antibodi Swab dengan target deteksi antibodi dalam darah. Sampel berupa darah dan untuk hasilnya membutuhkan waktu selama lima hingga 10 menit.

Kedua, Rapid Test Antigen Swab dengan target deteksi materi genetik/protein spesifik dari virus tersebut di dalam tubuh seseorang. Sampelnya swab nasal/nasofaring sesuai jenis kit antigen yang digunakan.

Untuk hasilnya membutuhkan waktu selama kurang lebih 30 menit di Fasilitas Layanan Kesehatan. Ketiga, Swab PCR Test dengan target deteksi materi genetik (DNA/RNA) dari virus SARS-CoV-2.

Sampelnya swab nasofaring dan swab tenggorok (orofaring). Hasilnya membutuhkan waktu satu hingga dua hari setelah sampel diterima di laboratorium. (Sumber dan Foto: Kemenkes)