Update

8/recent/ticker-posts

Jelang Liburan Panjang dan Pilkada, Ini Yang Dikatakan Pangdam IX/Udayana Kepada Menko Marves RI

 

Denpasar - Mengamati data penambahan kasus Covid-19 di 2 daerah yakni di Jawa dan Bali, ada kenaikan signifikan untuk saat ini yang dipicu karena adanya demo, libur panjang serta pesta pernikahan yang melibatkan kerumunan massa.

"Kita harus sikapi dengan baik sehingga tidak terjadi lagi tren penambahan kasus yang signifikan," ungkap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A., saat rapat koordinasi pembahasan penanganan Covid-19 yang digelar pada Senin (30/11/2020).

Di Provinsi Bali sendiri Kasus kematian absolut tidak terlalu signifikan, peningkatan kasus yang terjadi lumayan terkendali.

Nantinya, orang yang mau ke Bali bagi yang datang lewat udara harus dilaksanakan rapid tes anti gen.

"Pimpinan daerah harus diperhatikan secara detail lagi sehingga tidak terjadi lonjakan kasus baru.Trend positif cenderung meningkat dalam satu minggu terakhir sehingga perlu diperhatikan oleh Pemda, Kapolda dan Pangdam agar trend ini naik terus," tegas Menko.

Dikatakannya juga, dalam menghadapi libur panjang akhir tahun nanti, dari sekarang perlu dipertimbangkan langkah-langkah apa saja perlu dilaksanakan.

Sementara itu, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak dalam kesempatan tersebut melaporkan bahwa peningkatan kasus positif Covid-19 yang paling tinggi adalah pada saat Pilkada, sementara pada saat liburan masih bisa ditekan.

"Saran kami untuk beberapa hari ini akan kami evaluasi pelaksanaan liburan yang sudah dilaksanakan sebelumnya, mudah-mudahan dengan begitu liburan panjang nanti bisa terselengara dengan baik," jelas Pangdam.

Terkait Pilkada, Pangdam berharap semoga saja Pilkada pada tanggal 9 mendatang bisa dilaksanakan sesuai dengan apa yang direncanakan dan efek positif dari kampanye sampai dengan tanggal 6 nanti membuktikan bahwa kondisi Bali ini sudah siap menerima liburan panjang.[i_g KIX]