Update

8/recent/ticker-posts

Jelang Nataru, Kodam IX/Udayana Cegah Klaster Baru Covid-19 Melalui Tes Swab PCR dan Rapid Antigen Gratis

Denpasar - Berbagai langkah dilakukan Kodam IX/Udayana khususnya dalam mencegah terjadinya klaster baru penyebaran Covid-19 menjelang Hari Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 terus dilakukan.

Dimana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., selaku Pangdam IX/Udayana menindaklanjuti dengan memerintahkan para Prajurit Kodam IX/Udayana untuk melaksanakan Tes Swab PCR, termasuk juga mengajak dan memfasilitasi secara gratis bagi rekan-rekan Media Massa untuk melaksanakan tes tersebut.

Menindaklanjuti perintah Pimpinan Kodam IX/Udayana, Kepala Kesehatan Kodam (Kakesdam) IX/Udayana Kolonel Ckm dr. I Made Mardika, Sp.PD., MARS., merealisasikannya dengan menggelar kegiatan Tes Swab PCR di Rumah Sakit Tk. II Udayana, Denpasar, secara bertahap sesuai prosedur protokol kesehatan Covid-19.

Saat berada di tempat pelaksanaan tes,pada Selasa (22/12/2020) Kakesdam IX/Udayana mengatakan Tes Swab PCR yang dilaksanakan ini merupakan perintah Pangdam IX/Udayana bahwa seluruh Perwira yang ada di Kodam IX/Udayana khususnya yang ada di Bali sebanyak 519 orang harus melaksanakan Tes Swab PCR termasuk Bapak Pangdam bersama Ibu juga melaksanakan.

Ini dilaksanakan secara bertahap sejak beberapa waktu lalu, kerena jumlahnya cukup banyak.

Dalam menghadapi Hari Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, Kodam IX/Udayana juga telah mendirikan Posko Kesehatan.

“Terkait ketentuan tes, untuk perjalanan yang lewat darat menuju Bali yaitu di Pelabuhan Gilimanuk dan Pelabuhan Padangbai itu Tes Rapid Antigen, namun untuk di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai itu menggunakan Tes Swab PCR. Dimana Kodam melalui Kesdam IX/Udayana memberikan Tes Rapid Antigen gratis khususnya bagi pengendara angkutan logistik”, jelas Kakesdam.

Selain itu, Pangdam juga sangat perhatian terhadap para Awak Media. Sebagai wujud perhatian dan jalinan kerjasama yang sangat baik antara Kodam IX/Udayana dengan Media Massa, sehingga para Awak Media juga difasilitasi untuk melaksanakan Tes Swab PCR secara gratis bertempat di Rumah Sakit Tk. II Udayana.[red_udy]