Update

8/recent/ticker-posts

Kecamatan Giligenting Panen Perdana Hasil Uji Coba Padi Hidroganik

Sumenep - Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep bekerja sama dengan Bumi Iboe Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya melakukan panen perdana hasil dari uji coba penanaman padi hidroganik di Desa Aenganyar, kecamatan setempat.

Camat Giligenting, Abul Hasan, S.Sos menyatakan, percobaan penanaman padi dengan menggunakan sistem media hidroganik tersebut berhasil tumbuh di Pulau Karang.

Kegiatan tersebut menunjukkan bahwa inovasi harus terus dilakukan, terutama yang berkenaan dengan ketahanan pangan.

“Kami berharap dengan panen perdana ini mampu menjadi inspirator dan titik awal bagi masyarakat Pulau Giligenting untuk siap melakukan perubahan yang besar di bidang pertanian,” ungkapnya, pada Rabu (23/12/2020).

Sementara itu, Kepala Desa Aenganyar, Herman Buhari sebagai motivator penggerak di wilayah Kecamatan Giligenting mengatakan, dalam uji coba penanaman padi sistem hidroganik tentunya dapat mengembangkan padi di Pulau Karang.

Dengan sistem terbaru, dan berharap menjadi Laboratorium Penanaman Padi Pulau Karang Pertama di Indonesia.

“Kegiatan ini dilakukan dari hasil kolaborasi Bumi Iboe ITS Surabaya, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Sumenep, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Fajar Rembulan”, yang mendapat apresiasi dari elemen masyarakat terkait harapan yang mampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,” katanya.

Selaku Koordinator Bumi Iboe ITS Surabaya, Adi Mas menambahkan, pihaknya masih membuka lebar untuk tetap bekerja sama dengan Pemerintahan Desa (Pemdes) Aenganyar, Kecamatan Giligenting, sebagai tindak lanjut ke depan untuk pengembangan BUMDes.[re•d/ip]