Update

8/recent/ticker-posts

Masyarakat Dilarang Kunjungi Lokasi Bencana Aliran Lahar Semeru

Lumajang - Masyarakat diimbau untuk tidak mengunjungi/berwisata di lokasi bencana aliran lahar Gunung Semeru Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, khususnya di sepanjang Curah Koboan dan sekitarnya.

"Posko induk Kamar Kajang mengimbau kepada seluruh warga masyarakat, untuk diharapkan tidak berwisata/mengunjungi lokasi bencana, sebab masih membahayakan karena ada potensi untuk lahar," kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo saat dikonfirmasi di Posko Induk Kamar Kajang, pada Kamis (10/12/2020).

Wawan juga mengatakan, lokasi bencana di Curah Koboan dinilai masih rawan, sebab ada sisa-sisa material, sehingga apabila ada curah hujan maka berpotensi terjadi lahar.

"Jadi yang dianggap rawan yaitu sepanjang Curah Koboan, sebab masih ada sisa material dan di bawah masih panas, hal itu berpotensi ada lahar karena setiap hari ada hujan," jelas dia.

Itu sebabnya, untuk mengantisipasi adanya warga yang berkunjung ke lokasi bencana, pihaknya telah menurunkan empat personel di setiap titik penjagaan.

"Sampai saat ini sudah ada tim untuk menghalau warga yang berkunjung dan kita juga sudah pasang garis pembatas dan papan peringatan," tutup dia. [MC.LmJ/ip]