Update

8/recent/ticker-posts

Pada 2023 Ditargetkan Seluruh Desa Tersambung Internet

Jakarta - Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Henri Subiakto mengatakan, pada 2023 mendatang ditargetkan semua desa/kelurahan yang ada di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia akan tersambung oleh internet.

"Kominfo kedepan memiliki tugas menghidupkan internet di seluruh desa atau kelurahan di semua Kabupaten/Kota di Indonesia. Semua internetnya harus on dan bisa digunakan," kata Henri di acara Webinar Kaum Milenial di Masa Krusial pada Sabtu (12/12/2020).

Menurutnya, saat ini masih ada sekitar 12 ribuan desa diseluruh Indonesia yang belum tersambung internet terutama desa-desa yang ada di daerah terdepan, terluar dan terpencil (3T).

"Sekarang ada kurang lebih 12.400 an desa yang belum on terutama di daerah 3T. Masih ada tiga ribuan di wilayah Jawa yang belum bisa akses secara baik. Oleh Presiden Kominfo diminta untuk mendorong supaya segera selesai tahun 2023," ujarnya.

Lokasi 3T merupakan kewajiban Kementerian Kominfo untuk membangun, sementara lokasi non-3T adalah tanggung jawab operator seluler, sebanyak 3.435 desa/kelurahan.

"Daerah tersebut sudah mendapatkan jaringan seluler, namun hanya 2G, yang digunakan untuk menelepon dan mengirim pesan SMS," jelasnya.

Indonesia total memiliki 83.218 desa/kelurahan, dari jumlah tersebut, yang sudah terjangkau jaringan 4G sebanyak 70.670.

Ditambahkannya, kebiasaan baru seperti bekerja dan belajar dari jarak jauh menimbulkan tantangan baru terutama dari segi jaringan telekomunikasi, internet cepat dan aman menjadi semakin penting untuk menunjang perubahan ini.[red/ip]