Update

8/recent/ticker-posts

Pembangunan Waduk Belibis Capai 60 Persen

Jakarta Utara - Pembangunan Waduk Belibis di Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara sudah mencapai 60 persen.

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Juaini Yusuf mengatakan, waduk tersebut memiliki luas sekitar 3,8 hektare.Realisasi pekerjaan pembangunan waduk sudah mencapai 2,5 hektare saat ini.

"Memang masih ada beberapa bidang yang belum dibebaskan, awal tahun kita bebasin. Sekarang yang sudah bebas lagi dikeruk, luas sekitar 2,5 hektare yang dikeruk dibantu CSR," ungkap Juaini, Jumat (4/12).

Sebanyak empat alat berat dioperasikan untuk melakukan pengerukan lumpur, perapihan waduk, dan pembentukan dam atau bendungan. Waduk Belibis terhubung dengan Kali Gubuk Genteng dan Kali Sepatan yang muaranya ke Cakung Drain.

Pembangunan Waduk Belibis ini bertujuan untuk mengatasi genangan di sejumlah RW di Kelurahan Semper Barat yakni RW 01 sampai RW 05. Nantinya diharapkan waduk ini bisa juga menjadi ekowisata atau tempat interaksi warga.

"Alat berat yang kita operasikan ada yang dari Dinas ada juga bantuan dari swasta. Dua eskavator dan dua amphibi. Proses saat ini perapihan waduk dan membentuk dam atau bendungan. Diprediksi Desember selesai," tandas Juaini.[b-tj]