Update

8/recent/ticker-posts

Penutupan Program Rehabilitasi dan Pelatihan Kemandirian Bersertifikasi Lapas Narkotika Jakarta Tahun 2020

Jakarta - Acara Penutupan Program Rehabilitasi dan Pelatihan Kemandirian Bersertifikasi di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta sebagai penutup akhir tahun 2020. Pada Rabu (30/12/2020). 

Acara yang dilaksanakan di Area Gedung II Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta dihadiri oleh tamu Undangan dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Timur, Tim Konselor, Kepala Lembaga Pemasyarakatan beserta Seluruh Pejabat Struktural dan Jajaran serta Warga Binaan Peserta Program Rahabilitasi dan Pelatihan Kemandirian Bersertifikasi Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya diikuti oleh seluruh peserta acara dan tamu undangan kemudian dilanjutkan penyampaian laporan oleh Jumadi selaku Kepala Seksi Pembinaan dan Anak Didik (Kasi Binadik) dalam laporannya menyampaikan “Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta merupakan salah satu Lapas yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk menyelenggarakan rehabilitasi penyalahgunaan narkotika dan pelatihan kemandirian bersertifikasi bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Pelaksanaan program ini diharapkan dapat membantu produktifitas WBP, memberikan wawasan kepada Warga Binaan untuk selalu menjauhi narkoba serta membentuk prilaku yang lebih baik sehingga nantinya setelah bebas dapat berperan aktif di masyarakat”.

Jumadi menambahkan “1200 Narapidana dilakukan skrining dengan dilaksankannya Assesment awal lanjutan dan akhir serta diberikan pelatihan sebanyak 196 paket yang terdiri dari 20 peserta WBP tiap paketnya, adapun terhadap peserta Rahabilitasi medis sebanyak 200 orang dan Rehabilitasi Sosial terhadap 500 peserta serta telah melatih sebanyak 980 WBP selama periode tahun 2020 dan telah menerima sertifikat tingkat pemula.”

Adapun kendala yang disampaikan selama pelaksanaan program rehabilitasi awal hingga akhir yaitu adanya keterbatasan ruangan konseling, belum tersedianya ruang rekreasional,  sehingga perlu dilakukan evaluasi untuk peningkatan kualitas program di tahun depan.

Acara dilanjutkan dengan penayangan video singkat kegiatan pelaksanaan program rehabilitasi dan kemandirian Lapas Narkotika Jakarta selama periode Tahun 2020 dan Testimoni dari WBP peserta Program  salah satunya Haris S menyampaikan kesannya “Banyak manfaat yang saya dapat dari kegiatan program di Lapas Narktoika Jakarta ini dan saya merasa lebih baik dan bersemangat dalam menjalani hidup di dalam lapas dan tidak ada kata terlambat untuk berubah kearah yg lebih baik.”

Dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dari perwakilan Tim Konselor yang selama ini berkerjasama dengan Lapas Narkotika Jakarta mengucapkan banyak terimakasih karena sudah diberi kesempatan untuk melaksanakan bimbingan kepada warga binaan Lapas Narkotika Jakarta sehingga konseling dan penyuluhan bisa berjalan dengan baik.

Selanjutnya Hendrajit Sukanto selaku Kepala BNNK Jakarta Timur Menyampaikan sambutannya “Kematian itu adalah pasti, Kesehatan adalah Pilihan”.

Beliau menambahkan “Dalam Hidup itu, kita senantiasa harus bisa memanfatkan potensi yang ada dalam diri sehingga bisa lebih produktif dan bisa bermanfaat untuk orang lain”.

“Saya berharap kerjasama dan sinergi dapat dilanjutkan untuk program rehabilitasi yang lebih baik. BNNK Jakarta timur siap bersinergi dengan Lapas Narkotika Jakarta agar program rehabilitasi meningkat dalam hal kualitas dan kuantitas.”

Sambutan oleh Oga G Darmawan selaku Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Klas IIA Jakarta menyampaikan Apresiasi dan terimakasih kepada Jajaran BNNP DKI Jakarta, BNNK Jakarta Timur, para Konselor dan Seluruh Tim Petugas Rehabilitasi Lapas Narkotika Jakarta yang terlibat beserta WBP peserta program rehabilitasi karena sudah ikut bekerjasama dan berpartisipasi dalam suksesnya pelaksanaan program rahabilitasi dan pelatihan kemandirian di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta. Semoga pada tahun 2021 mendatang semakin menggelora, diakhir kata Program Rehabilitasi dan Pelatihan Kemandirian Bersertifikasi Tahun 2020 resmi ditutup.”

Selanjutnya penyerahan sertifikat secara simbolis oleh Kalapas kepada perwakilan WBP peserta program kemandirian bersertifikasi, Penyerahan cinderamata dan penghargaan kepada Kepala BNNP DKI Jakarta, perwakilan BNNK Jakarta Timur dan Konselor serta dilakukan foto bersama seluruh pejabat struktural bersama tamu undangan.

Acara diakhiri dengan menyanyikan lagu Padamu Negeri diikuti seluruh peserta yang hadir, Pentas kreasi seni oleh WBP dengan menampilkan Standup Comedy, pembacaan Puisi dan penampilan musik oleh Sustik Band Binaan Lapas Narkotika Jakarta. Acara berjalan khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.[red_lnj]