Update

8/recent/ticker-posts

Penyaluran Bantuan Untuk Warga Terdampak APG Semeru Dianjurkan Lewat BPBD

 

Lumajang  - Bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan untuk para warga yang terkena dampak Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru, baik berupa uang maupun sembako, dianjurkan dapat secara langsung lewat BPBD Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang Wawan Hadi Siswoyo, saat dimintai keterangan di posko darurat bencana, tepatnya di lapangan Kamar Kajang Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro,pada Rabu (2/12/2020).

Wawan juga mengatakan, sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, bahwa penggalangan dana diharapkan seizin dan terekomendasi oleh BPBD, sehingga dapat mempermudah dan dipercaya untuk diperuntukan kepada warga yang terdampak.

"Jadi penggalangan dana diharapkan se-izin dan terekomendasi dari BPBD," kata dia.

Selain itu, dikatakan Wawan, bahwa persediaan bantuan untuk para pengungsi sementara ini diklaim masih memadai dan tercukupi, baik mie instan, buah-buahan serta beragam sembako lainnya.

"Jadi ini berupa sembako ya dan bantuan sekarang masih cukup memadai dan tercukupi," ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa bantuan tersebut nantinya juga akan dikelola melalui dapur umum Dinas Sosial maupun PMI (Palang Mera Indonesia), kemudian segera disalurkan kepada para pengungsi.

Dari dapur umum nanti akan dimasak, kemudian kita drop kepada para pengungsi baik di posko maupun pungungsian secara mandiri.[mc-Lj|ip]