Update

8/recent/ticker-posts

Peringati Hari AIDS Sedunia,Dinkes Provinsi Kalteng Lakukan Test HIV/AIDS dan PIMS Di Lapas Palangka Raya

Palangka Raya - Sebanyak 50 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya menjalani tes/skrinning (pemeriksaan kesehatan) HIV/AIDS dan PIMS (Sifilis) oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah.

Kegiatan ini merupakan rangkaian menyambut hari AIDS Sedunia 2020. Selasa, (01/12/2020).

Skrinning ini bertujuan untuk mendektesi dini apabila ada warga binaan yang terkena HIV dapat diedukasi dan melakukan pengobatan, sekaligus untuk mencegah penularan ke warga binaan yang lainnya.

Pada kesempatan ini, kegiatan juga dipantau langsung oleh Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, Keamanan (Edi Cahyono), beserta 3 staf lainnya.

Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik, Tigor Immanuel Hutabalian, menyatakan sangat mengapresiasi kepada pihak Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah yang telah memberikan kepercayaan untuk melaksanakan tes HIV/AIDS dan PIMS di Lapas Palangka Raya.

"Kami dari Pihak Lapas Palangka Raya sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan skrining HIV/AIDS serta PIMS ini, tentunya sangat bermanfaat bagi seluruh pegawai dan WBP Lapas Palangka Raya,"

Beliau juga menyebutkan, kegiatan skrining ini diikuti para warga binaan secara bertahap dengan memanggil 10 orang WBP secara bergantian.

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dari semua pihak terutama warga binaan tentang wabah HIV/AIDS dan PIMS serta akibat dari penyakit tersebut, sehingga pencegahan dan penanganan HIV/AIDS dapat dilakukan lebih maksimal.[kHK]