Update

8/recent/ticker-posts

Rutan Kelas IIB Rowobelang Rehap Rumah Warga Kurang Mampu Di Batang

Batang - Mendengar kabar rumah salah satu warga tak mampu mengalami kerusakan dan telah lapuk dimakan usia, Kepala Rutan Kelas IIB Rowobelang Batang, Rindra Wardhana bersama jajarannya segera bertandang memberikan bantuan untuk merehap atap dari tempat tinggal Indah bersama adiknya.

Rumah tersebut dirasa perlu segera diperbaiki melihat kondisi atap yang cukup reyot dan dikhawatirkan jika terjadi angin kencang dapat terhempas bahkan runtuh.

Bantuan ini diberikan oleh rekan-rekan Rutan sebagai wujud kepedulian terhadap warga kurang mampu.

“Salah satu warga ada yang perlu dibantu untuk tempat tinggal mereka, karena memang salah satu kebutuhan asasi orang hidup adalah rumah sebagai tempat berteduh. Kami bersama teman-teman bersepakat membantu,” kata Kepala Rutan Kelas IIB Rowobelang Batang Rindra Wardhana, saat meninjau proses rehap rumah di Dukuh Beran, Kelurahan Watesalit, Kabupaten Batang,Pada Rabu (23/12/2020).

Lebih lanjut, dia menerangkan, beberapa bantuan yang diberikan dalam bentuk perbaikan atap rumah yang sudah lapuk karena lama dimakan usia.

“Bantuan yang kami berikan ada kayu, semen dan lainnya yang proses perbaikan diperkirakan bisa selesai dalam waktu satu minggu,” jelasnya.

Untuk dana sendiri kami sisihkan sedikit rezeki dari rekan-rekan petugas Rutan, tentunya kami pun berharap agar pihak lain ikut membantu perbaikan hingga layak ditinggali.

Bantuan tersebut diberikan juga sekaligus wujud syukur kepada Allah SWT, karena banyak kebaikan yang telah dikaruniakan dalam bentuk berbagai penghargaan kepada Rutan.

Rindra memaparkan, ada tiga penghargaan dianugerahkan kepada Rutan Batang di antaranya Unit Pelaksana Teknis yang Melaksanakan Pelayanan Publik Berbasis HAM dari Kemenkumham RI, Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari KemenPAN-RB RI, dan Unit Pelaksana Terbaik ke-2 Dalam Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Pelayanan Tahanan.

“Ada satu lagi yang berpengaruh besar bagi kami yaitu Kenaikan Kelas dari Rumah Tahanan (Rutan) menjadi Lembaga Pemasyarakatan. Tentunya dengan 3 penghargaan dan 1 kenaikan kelas ini membuat kami harus bisa mempersiapkan diri untuk lebih baik dalam pelayanan dari sebelumnya,” ungkapnya.

Sementara, Pemilik rumah, Indah menuturkan, kondisi rumahnya sudah sejak lebaran tahun lalu mengalami kerusakan. Sehingga mengetahui akan dilakukan perbaikan oleh Rutan Batang, dirinya bersama adiknya merasa bahagia.

“Terima kasih bantuan perbaikan rumah dari Pak Rindra dan semua petugas Rutan. Semoga Rutan Batang mendapat ganti yang lebih baik lagi,” tuturnya.

Ia menceritakan, setelah ibunya meninggal dunia, setiap hari bersama adik laki-lakinya tinggal di rumah yang beralaskan tanah. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari termasuk membiayai pendidikan adiknya harus bekerja hingga petang hari.

“Selama pandemi Covid-19, adik saya belajar secara online pakai gawai dan biaya kuotanya dari uang yang saya kasih,” bebernya.

Ia berharap, setelah perbaikan selesai, rumahnya tak mengalami bocor lagi saat hujan deras. [mc_ Jtg/ip]