Update

8/recent/ticker-posts

Intensitas Hujan Tinggi, Tanggul Sungai Tuntang Demak Jebol

Demak - Plh Bupati Demak Joko Sutanto bersama unsur Forkopimda Dandim dan Kapolres meninjau lokasi tanggul jebol yang berada di Desa Kembangan Kecamatan Bonang yang berbatasan dengan Dukuh Sawi Desa  Sumberejo, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, pada Jumat (01/01/2021).

Jebolnya tanggul akibat luapan sungai Tuntang yang semakin kuat karena Intensitas hujan yang tinggi. Informasi yang dihimpun, tanggul Sungai Tuntang di Dukuh Sawi Desa Sumberejo terputus sepanjang 17 meter dengan kedalaman sekitar 4 meter.

Selain menggenangi area persawahan luapan air juga masuk ke permukiman warga kurang lebih 30 – 50 cm. Dalam pantauan saat ini, warga yang terdampak masih bertahan di rumahnya masing-masing dan belum bersedia dievakuasi.

Komandan Kodim 0716/Demak, Letkol Arh M. Ufiz, di lokasi menyampaikan, untuk membantu evakuasi warga, Kodim 0716/Demak telah menyiapakan sarana transportasi serta menyiapkan personel untuk membantu mengamankan permukiman warga serta membantu pembenahan tanggul.

"Kami bekerja sama dengan BPBD, Polri dan relawan telah melaksanakan pendataan rumah yang terdampak guna menyiapkan tempat evakuasi/pengungsian," ungkap dia.

Letkol Arh M. Ufiz menambahkan, saat ini kebutuhan mendesak yang harus disiapkan untuk membantu korban banjir yaitu obat-obatan, makanan, selimut dan karpet.[ip]