Update

8/recent/ticker-posts

Kanwil Kemenkumham Riau: 98% Warga Binaan Dinyatakan Sembuh Covid-19

Pekanbaru - Warga Binaan yang terkonfirmasi Covid-19 berjumlaah 921 orang dan dikabarkan sebanyak 907 orang telah dinyatakan sembuh.

Kabar ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Provinsi Riau, Ibnu Chuldun,pada Jumat (1/1/2021) siang.

Dia menjelaskan, secara keseluruhan dari total 16 Lapas dan Rutan di Provinsi Riau dihuni 12.814 warga binaan. Dimana, sebelumnya ada 921 terkonfirmasi Covid-19.

''Alhamdulillah, 907 orang telah sembuh dari total 921 terkonfirmasi,'' jelas Kakawanwil.

Sisanya, 14 orang lainnya, saat ini masih dilakukan upaya isolasi untuk mencegah penyebaran dan mengupayakan kesembuhannya. 'Artinya yang masih terkonfirmasi Covid-19 itu tinggal 14 orang, seluruhnya dari hunian Rutan Siak Indrapura.

Sebelumnya, di Rutan Siak ini, ada 16 orang yang terkonfirmasi. Setelah dilakukan berbagai upaya, dua diantaranya telah sembuh.

Dengan uptade terbaru ini, pihaknya menghitung, bahwa rasio kesembuhan pasien Covid-19 yang di Lapas Rutan wilayah Riau mencapai 98,5%.

Kakanwil mengakui, capaian keberhasilan ini tidak lepas dari langkah kedisiplinan dalam menerapkan strategi 12 Langkah penanganan Covid-19.

Sebagaimana yang dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Dirjen PAS dan dukungan kuat dari Gubernur Provinsi Riau selaku Ketua Gugus Tugas serta kerja keras Kalapas Karutan bersama jajarannya.

Namun, langkah-langkah memasuki awal Tahun 2021 yang masih dimasa pandemik yang belum berakhir Kanwil Kemenkumham Riau menyebutkan, telah mempersiapkan langkah strategis penanganan Covid-19.

Adapun upaya-upaya yang dilakukan antara lain, menerapkan kedisiplinan protokol kesehatan secara ketat. Kemudian, meningkatkan kualitas pelayanan makan dan minum warga binaan sesuai kebutuhan kalori yang cukup.

Selanjutnya, meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dg Gugus Tugas Covid-19 dan Pemerintah Daerah, Rumah Sakit dan Puskesmas serta masyarakat peduli pemasyarakatan.

Terakhir, mempersiapkan blok dan kamar isolasi di setiap Lapas dan Rutan. Dengan belajar seperti pengalaman di Tahun 2020. '"Semoga di Tahun 2021 pandemik Covid-19 segera berakhir,'' harapnya.[red_ip]