Update

8/recent/ticker-posts

Mensos Risma Carikan Pekerjaan Bagi Tunawisma

Jakarta - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini akan mencarikan pekerjaan  bagi lima pemulung dan gelandangan di Jakarta. Penyebabnya, para pemulung tersebut sudah termasuk kategori miskin kronis.

Hal itu disampaikan Risma dalam keterangannya usai mengunjungi Balai Sosial eks Gelandangan dan Pemulung (BRSEGP) Pangudi Luhur, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/1/2021).

"Kemarin lima pemulung yang kita temukan dari berbagai kawasan. Dia bisa bekerja, saya sudah akseskan ke pekerja, dan sudah bekerja lima orang di situ,” ujarnya.

Menurutnya, para pemulung itu tidak memiliki akses terhadap pekerjaan karena tak tercatat kependudukannya.

Risma menegaslan, pekan depan  akan menggandeng Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk memberikan akses kartu identitas penduduk.

“Dia tunawisma dan tidak ada pekerjaan, maka dari itu kita proses bantuannya. Masalahnya, kita gak bisa proses bantuan karena mereka ada beberapa yang kependudukannya tidak jelas. Maka itu, kita akan kerja sama dengan Kemendagri untuk mereka dapat akseskan kependudukannya,” tuturnya.

Ia menambahkan, tidak mungkin mereka bisa segera keluar dari kemiskinan kalau mereka hanya diberi bantuan.

"Mereka bisa berusaha, dan mengakses pekerjaan. Jadi nanti ada bantuan dan mereka bisa bekerja dan menambah income mereka,” ungkapnya.

Sebelumnya, Risma menyatakan  penanganan terhadap masyarakat Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) perlu memperhatikan kemandirian penerima manfaat.[red_ip]