Update

8/recent/ticker-posts

Acara Ramah Tamah Pangdam IX/Udayana Dengan Insan Media, Ajak Masyarakat Taat Prokes

Denpasar – untuk mempererat tali silaturahmi dengan seluruh Insan media, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak,M.Sc. mengadakan acara ramah tamah dengan Insan Pers yang ada di provinsi Bali, yang dikemas dalam sebuah acara makan siang bersama, bertempat di Mess Kodam IX/ Udayana Jalan Melati No. 8 Denpasar, pada Minggu (14/2/2021).

Pada kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana, yang intinya menyampaikan, pentingnya menjalin kerjasama, sinergitas yang baik antara instansi TNI dengan awak media dan mengajak semua pihak dan seluruh masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 khususnya di provinsi Bali.

“pentingnya mematuhi dan menerapkan disiplin Protokol Kesehatan karena hal tersebut sangatlah simpel terutama pada diri sendiri dan keluarga guna mengatasi Covid-19 karena tidak memerlukan biaya banyak tapi obat yang sangat menjadi mujarab untuk dalam memutus rantai penyebaran Covid-19”, Kata Pangdam.

Dalam situasi pandemi covid-19 yang sampai saat ini belum juga sirna, Pangdam mengajak segenap pihak untuk memperkuat ketahanan pangan, terutama dalam menghadapi situasi pandemi yang telah memporak-porandakan perekonomian masyarakat kita.

"Hampir semua termasuk di negara maju sekalipun tidak tahan dengan Covid ini, namun dalam menghadapi situasi ini, ada satu program ketahanan pangan yang akan Kodam IX/Udayana kemas dan akan di kasih judul 'Massive water and Farming Project'. Diantaranya, kita akan membuat budidaya tanaman Porang", ujar Pangdam.

Untuk itu menurut Pangdam, ada banyak lahan yang nantinya bisa dimanfaatkan budidaya tanaman porang ini, nantinya tidak hanya ditanam di provinsi Bali tetapi di seluruh jajaran Kodam IX/Udayana yakni kupang dan lombok. Sementara Bibitnya  akan order ke Kepala BNPB.

"Untuk bibitnya kita order ke Kepala BNPB karena beliau sudah lama bergerak dalam pembudidayaan Porang. Program ini juga sudah kita koordinasikan dengan Gubernur Bali dan Perusda Bali," terang Pangdam.

Selanjutnya pangdam menjelaskan perkembangan situasi terkini khususnya di Bali terkait grafik perkembangan kasus covid-19, sudah semakin membaik.

Perkembangan situasi dan kerjasama semua pihak termasuk peran Desa Adat. Himbauan dan sosialisasi dari Desa Adat dan juga PHDI dapat maksimal dalam efektivitas pelaksanaan Prokes, terutama saat penyelenggaraan kegiatan Adat di Bali yang sangat tinggi.

“Kalau kita semua konsisten dengan PPKM tingkat Mikro ini, mudah-mudahan kita bisa menekan jumlah penderita Covid-19 dan meningkatkan kesembuhan, sehingga perekonomian khususnya di Bali dapat cepat pulih," tegas Pangdam.

Anggota TNI melalui Babinsa di tingkat Satuan Koramil yang berkoordinasi dengan semua pihak termasuk Desa Adat untuk selalu selalu menegakkan disiplin protokol kesehatan Covid-19 di masyarakat.

Guna mendorong penyitas Covid-19 agar mau untuk melaksanakan Donor Plasma Konvalesen guna terapi pasien yang masih menjalani perawatan di Rumah Sakit agar potensi kesembuhan Covid-19 dapat lebih meningkat lagi.

Sementara itu, Kapendam IX/Udayana, Kolonel Kav. Jonny Harianto G, S.I.P., mengatakan tindaklanjut dari kegiatan Ramah Tamah dengan Insan Pers ini, Kodam IX/Udayana akan secara khusus menyiapkan Press Center, di mess kodam Jl. Melati No. 8, Kelurahan Dangin Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar.

Saat ini mess dalam tahap renovasi dan press centre diperkirakan rampung awal Maret 2021.

"Nantinya kita bersama-sama dapat berkumpul di press center ini untuk berbagi informasi khususnya terkait kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodam IX/ Udayana. Intinya kita menyamakan persepsi sekaligus memberikan informasi yang benar kepada masyarakat. Silakan rekan-rekan awak media gunakan tempat ini sebaik-baiknya," pungkas Kolonel Jonny.

Turut hadir mendampingi Pangdam dalam kegiatan tersebut Kapendam IX/Udayana, Dandenmadam IX/Udayana, Kakesdam IX/Udayana dan Kainfolahtadam IX/Udayana dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan.[PDIX/Udy_red]