Update

8/recent/ticker-posts

Babinsa Koramil 1608-03/ Sape Kopda Aladin Beri Tata Cara Perawatan Bawang Warga Saat Musim Hujan

BIMA - Setelah melakukan tanam bawang unggulan untuk komoditas bawang merah, sore ini Babinsa Koramil 1608-03/ Sape Kopda Aladin berikan tata cara perawatan bawang saat musim hujan, Jumat, 5 Februari 2021.

Di depan warga binaan yang menggarap bawang merah unggulan, Babinsa menjelaskan ada beberapa poin dalam pemeliharaan, perawatan selama tanam bawang sampai panen serta perhatikan masalah penyemprotan karena tanaman bawang merah biasanya akan dilakukan penyemprotan dengan menggunakan herbisida sebelum dilakukan penanaman atau mungkin sehari sebelum dilakukan penanaman.

Dia mengatakan setelah itu kemudian yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan secara rutin pertumbuhan gulma yang selanjutnya warga harus melakukan pemupukan setelah penyiagaan.

Menurutnya,  hal lain yang tidak kalah penting berkaitan dengan masalah pemupukan adalah harus memberikan pupuk pada lubang tanam, meskipun begitu jarak yang diberikan jarak terlalu dekat dengan pangkal batang.

Memberikan pupuk kepada tanaman bawang merah pada usia sekitar 7 hari atau memiliki tinggi daun 4 cm. Contoh bisa menggunakan campuran NPK 210 kg /ha dan juga KCL 150 kg /ha serta menggunakan furadan 7 hingga 10 / ha, serta pupuk kedua diberikan ketika tanaman bawang merah berusia sekitar 21 hari.

Salah satu warga binaannya ( Nurdin Sape Bugis ) mengaku sangat antusias mendengarkan arahan Kopda Aladin tentang tata cara perawatan bawang di musim penghujan seperti tahun ini.

"Kami sangat apresiasi sekaligus berterima kasih kepada Pak Babinsa Kopda Aladin. Juga terima kasih kami Komandan Kodim 1608/Bima, karena sudah memberikan pengarahan yang luar biasa bagaimana tata cara tanam bawang, mudahan tanam bawang ini menjadi unggulan ke depannya serta hasil yang maksimal,"ucap Nurdin, mewakili warga. (Rif- LR)