Update

8/recent/ticker-posts

Wali Kota Resmikan Kantor Sekretariat PW HUDA Banda Aceh

Banda Aceh - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meresmikan operasional kantor sekretariat baru Pengurus Wilayah Himpunan Ulama Dayah Aceh (PW-HUDA) Banda Aceh yang terletak di Jalan TM Hasan, Gampong Blang Cut, Kecamatan Lueng Bata, pada Kamis (4/2/2021) .

Acara yang dirangkai dengan peringatan maulid nabi itu turut dihadiri oleh Ketum Pengurus Besar HUDA Aceh Tgk Muhammad Yusuf (Tu Sop), Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar, Kakankemenag Asy’ari, Ketua PW HUDA Banda Aceh Tgk Auliansyah.

Dalam sambutannya, wali kota mengapresiasi para ulama dayah yang senantiasa terus membimbing para santri, untuk dapat menjadi generasi penerus Islam.

“Meski tetap mempertahankan sistem belajar secara tradisional, dayah telah sukses berkiprah di berbagai aktivitas masyarakat Banda Aceh.”

Mengingat pentingnya pendidikan dayah, Pemko Banda Aceh pun telah membentuk dinas khusus untuk menangani dayah. Kini sudah ada Dinas Pendidikan Dayah yang lahir berkat dorongan ulama-ulama kharismatik di Banda Aceh.

"Keberadaan lembaga ini kita harapkan dapat meningkatkan peran dayah ke arah yang lebih baik lagi dan eksistensinya tidak lekang ditelan oleh zaman,” katanya.

Aminullah juga mengucap syukur karena di Banda Aceh telah banyak berdiri sekolah/dayah dan program-programnya menitikberatkan pada Pendidikan Agama Islam.

“Saat ini, Kota Banda Aceh telah memiliki sebanyak 45 dayah, 395 Balai Pengajian, dan TPA/TPQ sebanyak 180,” ujarnya.

Dengan kondisi tersebut, kami komit pendidikan dayah harus terus kita perkuat untuk membangun generasi qurani yang kuat, serta membentuk karakter Islami dalam masyarakat terutama di era globalisasi saat ini.

Insya Allah, ulama dan umara akan terus bersinergi guna memperkokoh syariat Islam di Banda Aceh.

Kemudian ia mengharapkan peran ulama yang merupakan pembimbing, pembina, dan penjaga ummat serta sebagai mitra konsultasi pemerintah, dalam menyukseskan pembangunan demi kemaslahatan masyarakat.

“Kami juga mengharapkan para ulama dayah untuk terus melakukan doa bersama para santri agar Aceh, khususnya Banda Aceh dijauhkan dari segala marabahaya dan Covid-19 segera dihilangkan oleh Allah SWT,” katanya.

Peresmian Kantor Sekretariat PW HUDA Banda Aceh sendiri ditandai dengan pembukaan selubung papan nama oleh Wali Kota Aminullah yang didampingi oleh sejumlah pejabat dan ulama dayah.

Usai tausiah yang disampaikan oleh Tgk M Yusuf atau yang lebih dikenal dengan nama Tu Sop, acara dilanjutkan dengan dengan makan kenduri bersama.[red_ip]