Update

8/recent/ticker-posts

Wujudkan Pelayanan Publik Berbasis HAM

SEMARANG - Sebagai wujud nyata dalam mendukung Pemenuhan, Perlindungan, Penghormatan Pemajuan dan Penegakan HAM (P5HAM), Plt. Kepala Kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Lucky Agung Binarto didampingi para pimti ikut serta dalam kegiatan rapat koordinasi Pemajuan HAM, pada Rabu (03/02) secara virtual.

Direktur Jenderal HAM, Mualimin Abdi membuka langsung giat yang berpusat di gedung Ditjen HAM Jakarta tersebut.

BACA JUGA : Plt.Sekjen : Berikan Kontribusi Terbaik Bagi Kemenkumham | https://www.focusaktual.com/2021/02/pltsekjen-berikan-kontribusi-terbaik.html

Mualimin menyampaikan bahwa Ditjen HAM maupun Kanwil mempunyai tugas yang penting di Kemenkumham. Ia melanjutkan bahwa urusan hukum dan HAM harus berjalan berdampingan.

"Sejatinya urusan HAM itu merupakan separuh nafas dari tugas Kakanwil." jelasnya.

"Hukum dan HAM harus berjalan berdampingan, dan dimensi HAM lebih  luas daripada dimensi hukum.  HAM bersifat universal tidak mengenal borders, tidak mengenal batas, tetapi kalau hukum salah satu syaratnya ada keberlakuan syarat teritorial" lanjutnya.

Pada kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini, Mualimin memaparkan 11 program kegiatan Ditjen HAM pada tahun 2021, salah satu program yang diharapkan menjadi perhatian ialah penilaian pelayanan publik berbasis HAM.

"Saya harap semua program dapat dikerjakan dengan baik agar pelayanan publik betul-betul berbasis HAM." Jelasnya.

Pamungkasnya, Mualimin menegaskan kembali agar Kanwil berkomitmen menjalankan program kegiatan Ditjen HAM mulai dari Rencana Aksi HAM, Kabupaten atau Kota Peduli HAM, Pelayanan Publik berbasis HAM, hingga Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas).

Selain Kakanwil, hadir Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM , Bambang Setiabudi, Kepala Divisi Administrasi, Jusman dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Meurah Budiman.[khi_red]