Update

8/recent/ticker-posts

Cek Kesiapan Vaksinasi Tahap II di Kodam IX/Udayana, Pangdam Vidcon dengan Kasad

Denpasar - Jelang pelaksanaan Vaksinasi tahap II untuk jajaran TNI AD, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., mengikuti Rapat Koordinasi Pelaksanaan Vaksinasi tahap II untuk TNI AD yang dipimpin langsung oleh Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa melalui Video Conference (Vidcon) di Ruang Airlangga Makodam IX/Udayana, pada Senin (1/3/2021).

Mengawali rakor, Asops Kasad Mayjen TNI H. Surawahadi, S.I.P., M.Si., memaparkan rencana pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di lingkungan TNI AD yang pada intinya mengungkapkan bahwa sejumlah 61.054 dosis vaksin sudah didistribusikan dari Biofarma menuju Dinkes di 7 Provinsi Jawa dan Bali pada tanggal 27 Februari 2021 kemarin.

“Kami juga sudah koordinasikan untuk kegiatan vaksinasi tahap 2 yang ini diperuntukan kepada 28.191 personel yang terlibat Penegakan Disiplin dan Protokol Kesehatan serta untuk Tracer di 7 Provinsi Jawa dan Bali yang sudah siap dimulai secara serentak pada tanggal 2 Maret 2021 mendatang,” tegas Asops Kasad.

Selanjutnya, terkait pelaksanaan Vaksinasi tahap I (Nakes), Kapuskesad Mayjen TNI dr. Budiman, Sp.BP-RE(K)., M.A.R.S., dalam paparan menyampaikan bahwa pada pencapaian sudah 83%, sisanya dikarenakan Comorbid dan juga Penyintas atau Nakes yang pernah mengalami terkonfirmasi, sehingga Penyintas tersebut akan dijadwalkan 3 bulan kemudian. Sedangkan rencana pelaksanaan Vaksinasi tahap II gelombang 1, untuk wilayah Bali mendapatkan 1.000 dosis vaksin.

Menanggapi hal tersebut, Kasad memerintahkan Kakesdam IX/Udayana Kolonel Ckm dr. I Made Mardika, SpPD., M.A.R.S., untuk mengukur pelaksanaan dihari pertama besok yang rencananya akan dilaksanakan di Rumah Sakit Tk. II Udayana, Rumah Sakit Tk. IV Singaraja, FKTP Wira Satya dan FKTP Rindam IX/Udayana.

“Karena dari sekian banyak tenaga kesehatan pada Vaksinasi tahap pertama rata-rata 17% tidak bisa divaksin, sehingga kita tidak bisa sesuai dengan rencana perhari. Maka dari itu, untuk pelaksanaan Vaksinasi besok kita justru harus lebih proaktif. Personel yang dijadwalkan pada hari kedua, dimajukan ke hari pertama besok. Sehingga yang tidak memenuhi syarat, dapat langsung digantikan dengan personel yang terjadwal di hari kedua, begitu selanjutnya di hari berikutnya, agar tetap efektif dan cepat,” tutur Kasad.

Kasad juga memerintahkan kepada Asops Kasdam IX/Udayana untuk bertanggungjawab dalam pelaksanaan Vaksinasi tersebut, sehingga Asops Kasad tidak harus mengawasi pelaksanaan kegiatan tersebut ke jajaran Pusat Kesehatan saja, tetapi juga ke Asisten Operasi di masing-masing Kodam atau Kotama dan Balakpus.

Mengakhiri Rakor, Kasad berharap semuanya harus dituntaskan dalam kurun waktu 4 hari ke depan, karena dalam hal ini TNI AD terus berusaha membantu mensukseskan program pemerintah dengan target selesai keseluruhannya yakni pada akhir tahun 2021. “Maka dari itu, tugas kita semua untuk mengawal vaksinasi tersebut,” tegas Kasad.

Hadir mendampingi Pangdam dalam vidcon di Ruang Airlangga diantaranya Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Para Asisten Kasdam IX/Udayana dan Para Dan/Kabalakdam IX/Udayana, serta dari ruang kerja satuan masing-masing diikuti oleh Para Karumkit jajaran Kesdam IX/Udayana.[Pen-Udy]