Update

8/recent/ticker-posts

Kadinkes Banda Aceh : Ada Seribuan Hoaks Terkait Vaksinasi

Banda Aceh – Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman mengatakan bahwa sampai saat ini ada masuk seribuan hoaks terkait vaksinasi yang datang dari sumber tidak jelas.

Hal tersebut disampaikan saat mengisi materi dalam acara webinar yang bertajuk “Vaksinasi COVID-19 di Aceh antara Tantangan dan Harapan”, yang dilakukan secara virtual, Sabtu (06/03/2021).

“Dampaknya adalah ketakutan masyarakat timbul akibat mempercayai hoaks yang beredar,” tegas dia.

Terkait vaksinasi untuk tenaga Kesehatan, kata Lukman, Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh telah mencapai 106 % (melebihi target yang ditetapkan).

“Alhamdulillah, untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat Kota Banda menggunakan strategi role model atau keteladanan,” tambah dia.

Lukman menjelaskan, melalui vaksinasi tokoh-tokoh masyarakat, pejabat dan tenaga kesehatan sebagaimana arahan sehingga kelak masyarakat menerima vaksinasi secara sukarela.

Lebih lanjut menurut dia, perlu pendataan dan pendekatan yang lebih komprehensif ketika sampai waktu vaksinasi pada masyarakat umum. Karena tantangan vaksinasi kepada masyarakat tentu berbeda dengan tantangan vaksinasi kepada tenaga kesehatan.

Selain Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, S.KM,. M.Kes, diskusi ini juga diisi pengamat kebijakan publikTaufiq Abdul Rahim, M.Si,. Ph.D serta Plt. Dinas Kesehatan dan KB Pidie Jaya Eddy Azwar, S.KM,. M.Kes.

Kegiatan diskusi ini merupakan rangkaian agenda pelantikan Pengurus Besar Ikatan Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh (PB IKAKESMA) Periode 2020-2024 resmi terbentuk dengan ketua terpilih Yulizar Kasma, S.KM, M.Si.[red_IP]