Update

8/recent/ticker-posts

Ternyata TNI Siapkan Pasukan Raider Elite Kodam Aceh Masuk Papua

Photo : Yonif Raider Khusus 114/Satria Musara

JAKARTA - Ternyata pihak militer Tentara Nasional Indonesia (TNI) sedang mempersiapkan satu batalyon pasukan untuk kembali dikerahkan menjaga keamanan di wilayah Papua.

Tak tanggung-tanggung, pasukan yang akan dikerahkan TNI kali ini adalah satuan tempur pemukul terbaik alias elite milik Komando Daerah Militer (Kodam) Iskandar Muda. Pasukan itu berasal dari Batalyon Infateri (Yonif) Raider Khusus 114/Satria Musara.

Berdasarkan siaran resmi Yonif RK 11/SM dilansir VIVA MIliter Senin 15 Maret 2021, batalyon satuan tempur ini akan diberangkatkan ke Papua sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Penyangga Mobile RI-Papua Nugini.

Sejauh ini berbagai persiapan terus dimatangkan menjelang dikerahkan ke Papua, yang terbaru Kepala Staf Kodam Iskandar Muda (Kasdam IM) Brigjen TNI Joko Purwo Putranto mendatangi markas batalyon berjuluk Pedang Sakti itu untuk memberikan arahan dan dorongan motivasi.

Dalam jam komando di markas Yonif RK 114/SM, Brigjen TNI Joko Purwo mengingatkan para prajurit TNI yang terlibat dalam operasi Satgas Pamtas RI-PNG untuk terus berlatih dan mempersiapkan mental.

"Berlatihlah melewati batas kemampuan jangan pernah malu bertanya dalam melaksanakan latihan dan jangan takut ditindak dalam melakukan kesalahan karena itu semua lah yang membentuk Prajurit menjadi seorang militan dan siap di pakai dalam segala kegiatan di TNI AD," kata Brigjen TNI Joko.

Penugasan ke Papua ini sangat berarti bagi batalyon yang berada di bawah kendali Brigade Infanteri (Brigif) 25/Siwah, sebab ini merupakan penugasan operasi pertama Yonif RK 114/SM.

Sejak berdiri pada 6 Desember 2004, pasukan Yonif RK 114/SM tak pernah keluar dari markas mereka di Rembele, Kabupaten Bener Meriah, Aceh.

"Batalyon yang di bawah Kodam IM sebelumnya tidak pernah berangkat dalam melaksanakan penugasan di manapun karena masih diperintahkan untuk menjaga keamanan di wilayah Aceh.

Namun sekarang Kodam IM telah di percayakan untuk melaksanakan penugasan di daerah rawan ini merupakan sebuah kebanggaan bagi Kodam IM yang mana di dalam sejarah pertama kalinya batalyon di bawah Kodam IM berangkat.

Maka dari itu seluruh Pejabat Kodam IM berharap penugasan ini nanti sebagai bentuk pembuktian bahwa Prajurit Kodam IM kemampuannya tidak kalah dengan Batalyon di luar Aceh dan batalyon elite lainnya," kata Brigjen Joko Purwo.

Dalam penugasan sebagai Satgas Pamtas Penyangga Mobile di Papua nanti, Yonif RK 114/SM akan dipimpin langsung oleh Komandan Satgas, Mayor Inf Putra Negara. Meski begitu belum diketahui kapan pasukan akan mulai bergerak menuju Papua.[VIVA]