Update

8/recent/ticker-posts

Panglima TNI : Sebagai Prajurit Profesional, Wanita TNI Juga Memiliki Peran Ganda

JAKARTA - Disamping peran sebagai prajurit profesional, para Wanita TNI juga memiliki peran ganda sebagai ibu rumah tangga. Sebuah peran yang tidak kalah penting, karena merupakan peran untuk menyiapkan generasi masa depan penerus bangsa.

Demikian amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. yang dibacakan Kasum TNI Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M. saat memimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2021 yang diikuti oleh 240 dari wanita TNI dan 25 perwakilan dari PNS wanita, bertempat di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (21/4/2021).

Panglima TNI mengatakan bahwa Wanita TNI dituntut untuk mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan yang sedang dan akan terus terjadi. Sebagai prajurit, Wanita TNI harus terus membina diri dan meningkatkan kemampuan.

Lebih lanjut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menyampaikan tanggal 21 April bertepatan dengan hari lahir R.A Kartini simbol perjuangan emansipasi wanita Indonesia. Saat ini TNI telah membuka peluang seluas-luasnya bagi para prajuritnya, termasuk Wanita TNI untuk mengembangkan karier kemiliteran.

"Para Kartini-Kartini modern memiliki peluang yang sama dengan counterpart pria di berbagai medan pengabdian dan penugasan. Akademi TNI telah menjadi almamater tidak hanya bagi para Taruna tetapi juga Taruni," ujarnya.

Panglima TNI memberikan beberapa penekanan antara lain senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam melaksanakan tugas serta pegang teguh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Laksanakan tugas dengan profesional, terus tingkatkan kemampuan dan perluas wawasan sebagai prajurit maupun sebagai anggota masyarakat. Perkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta semangat sinergi dengan berbagai komponen bangsa sehingga persatuan dan kesatuan bangsa terpelihara untuk mewujudkan Indonesia Maju.

Seperti diketahui Apel Bersama Wanita TNI merupakan wadah bagi Wanita TNI sebagai prajurit dalam upaya memelihara semangat juang, jiwa korsa dan soliditas guna meningkatkan kebanggaan serta motivasi dalam pengabdiannya kepada TNI, Negara dan bangsa secara profesional. Pelaksanaan Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2021 sebagai salah satu bentuk kegiatan pembinaan tradisi yang mengandung makna sejarah perjuangan wanita di Indonesia yang tidak pernah padam.

Sebelum pelaksanaan Apel Bersama, beberapa rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain Diskusi Panel (tatap muka dan Virtual) dan Ziarah ke beberapa makam Tokoh Perempuan Pejuang Nasional yaitu Tjut Nyak Dien di Sumedang, R.A. Kartini di Rembang dan Dewi Sartika di Bandung (tatap muka dan Virtual).

Apel Bersama Wanita TNI tahun 2021 mengusung tema "Dilandasi Semangat Kesatria dan Profesionalisme Prajurit Wanita TNI Tetap Produktif Ditengah Pandemi Covid-19".[PNI_red]