Update

8/recent/ticker-posts

Presiden : Segera Lakukan Langkah Tanggap Darurat di Jatim

Jakarta - Presiden Joko Widodo menginstruksikan, seluruh jajarannya untuk segera melakukan tindakan tanggap darurat terhadap bencana gempa bumi yang terjadi di wilayah Jawa Timur (Jatim). Agar, masyarakat terdampak bisa mendapatkan bantuan dengan cepat.

Jajaran yang dimaksud oleh presiden antara lain Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Polri, TNI, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Pemerintah Provinsi Jatim, dan pemerintah kabupaten/kota terkait.

"Segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat di wilayah terdampak bencana di Jatim," ujar Presiden Joko Widodo melalui tayangan Akun YouTube Sekretariat Kabinet pada Minggu (11/4/2021).

Menurut dia, lakukan berbagai hal untuk melakukan pertolongan terhadap para korban yang terdampak. Sehingga, korban jiwa dapat diminimalisir sedikit mungkin pasca terdampak gempa yang cukup besar yakni 6,1 Magnitudo.

"Mencari dan menemukan korban yang tertimpa reruntuhan. Dan melakukan segera melakukan perawatan pada korban yang luka," imbuhnya.

Atas kejadian di atas, Presiden Joko Widodo mengimbau, kepada seluruh masyarakat agar senantiasa waspada terhadap gempa susulan yang sewaktu-waktu terjadi. Mengingat, Indonesia berada di cincin api bencana alam dari mulai tektonik dan vulkanik.

Oleh karena itu, seluruh pemangku kepentingan harus bersinergi dalam mengantisipasi adanya bencana alam yang bisa terjadi. Caranya, mempererat kesiapsiagaan, agar senantiasa waspada terhadap adanya bencana alam.

"Saya mengingatkan kepada gubernur, bupati, dan walikota untuk terus menghimbau masyarakat mempererat kerjasama, meningkatkan kesiapsiagaan, kewaspadaan akan datangnya sebuah bencana," tuturnya.

Di sisi lain, Presiden mengucapkan duka yang mendalam terhadap korban jiwa yang terdampak dari bencana alam tersebut. "Menyampaikan duka cita yang mendalam atas korban yang meninggal dunia," pungkasnya.[red_ip]