Update

8/recent/ticker-posts

Kakanwil Kemenkumham Aceh Membuka Webinar Pembinaan Sikap Mental Melalui Manajemen Keuangan Syariah

ACEH - Hubungan kerjasama yang terjalin antara Kanwil Kemenkumham Aceh dan Bank Syariah Indonesia (BSI) Aceh merupakan bentuk dari implementasi tata nilai PASTI Kemenkumham yaitu sinergitas.

Hal tersebut dijelaskan Kakanwil Kemenkumham Aceh, Meurah Budiman yang mengikuti secara online, saat membuka kegiatan webinar “Pembinaan Sikap Mental Melalui Manajemen Keuangan Syariah”, Rabu (19/5/2021) pagi.

“Bahwa Kemenkumham memiliki tata nilai PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovasi) yang salah satunya adalah sinergi seperti yang kita lakukan hari ini, bersinergi dengan BSI dalam rangka membangun kerjasama yang baik dalam pengelolaan keuangan syariah,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Meurah Budiman juga mengatakan bahwa Kemenkumham memiliki program Corpu (Corporate University), dimana program ini merupakan proses pembelajaran secara mandiri untuk menjawab tuntutan masyarakat akan birokrasi yang tangkas, cepat, mudah dan melayani.

Tuntutan ini mengharuskan Kemenkumham menjadi lembaga yang responsif dalam menjawab tiap tantangan zaman.

“Corporate University cocok untuk menjawab tantangan itu, dimana kegiatan ini sangat relevan dengan program Corpu dalam membina mental pegawai dalam pengelolaan keuangan secara pribadi terutama keuangan syariah yang berdampak langsung pada kinerja organisasi,” tambahnya.

Disamping itu, Firmansyah, Area Manager BSI area Aceh, mengatakan Bank Syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah, atau prinsip hukum islam yang diatur dalam fatwa Majelis Ulama Indonesia. Perbankan Syariah bertujuan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan keadilan, kebersamaan, dan pemerataan kesejahteraan rakyat.

“Melalui kegiatan webinar ini, kita berharap mampu mengedukasi peserta webinar terkait dengan sistem perbankan syariah dan membina sikap mental dalam manajemen keuangan syariah,” ungkap Firmansyah.

Ia menambahkan, di masa pandemi seperti saat ini penting mengelola keuangan dengan baik. Menurutnya, pandemi ini berdampak kepada banyak sektor kehidupan sehingga dibutuhkan sikap yang bijak dalam manajemen keuangan baik secara individu maupun secara kolektif.

Beliau juga menyampaikan bahwa BSI membutuhkan dukungan dari seluruh mitra tak terkecuali Kemenkumham Aceh agar layanan khususnya di Aceh menjadi lebih baik kedepannya.

Kegiatan webinar ini menghadirkan Ilyas Arjunanta (Consumer Business Team Leader) dan Lucky Afriansyah (Business Plan & Evaluation DH FHG) sebagai narasumber.[red_kha]