Update

8/recent/ticker-posts

Luncurkan Program Literasi Digital, Presiden : Banjiri Dunia Maya dengan Konten Positif


JAKARTA -
Presiden Joko Widodo meluncurkan Program Literasi Digital Nasional yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Kamis (20/5/2021).

"Saya luncurkan Program Literasi Digital Nasional hari ini, terima kasih," ujar Presiden Joko Widodo melalui tayangan virtual pada Akun YouTube Kominfo TV.

Menurut dia, kegiatan tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang kerap kali menggunakan ruang digital. Sehingga, para penggunanya dapat memanfaatkan teknologi yang berkembang untuk hal-hal yang bersifat positif.

Banjiri konten di ruang digital dengan berbagai konten yang bersifat positif. Melalui konten tersebut, akan membuat dampak positif bagi kehidupan masyarakat yang kerap kali menggunakan ruang digital.

"Masyarakat dapat membanjiri ruang digital dengan konten-konten positif," kata Presiden.

Melalui kegiatan dimaksud, Presiden Joko Widodo meyakini konten-konten positif akan banyak mendominasi di ruang digital dalam negeri. Dengan begitu, beragam konten yang positif untuk berbagai jenis umur dapat dikonsumsi oleh pengguna ruang digital.

Mengingat, kegiatan ini akan membuat pengguna ruang digital dalam negeri menjadi lebih cakap dalam menggunakan ruang digital. Melalui pelatihan yang memberikan pengetahuan cara-cara bijak menggunakan internet.

"Konten-konten positif, kita harus tingkatkan, agar kecakapan masyarakat mampu menciptakan lebih banyak konten-konten kreatif yang mendidik dan menyejukkan yang menyerukan perdamaian," imbuhnya.

Selain itu, dampak program di atas, juga akan berdampak positif bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di seluruh wilayah. Sebab, mereka akan mendapatkan pelatihan untuk menggunakan ruang digital sebagai alternatif dagang secara daring.

Ini penting dilakukan oleh pemerintah, dalam rangka meningkatkan kemampuan pelaku UMKM menggunakan ruang digital untuk menjajakan produknya. Dengan begitu, peluang produknya di beli oleh berbagai kalangan masyarakat lebih tinggi dari sebelumnya.

"Perbanyak UMKM onboarding ke platform e-commerce sehingga internet bisa memberi nilai tambah ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat," imbuhnya.

Presiden berharap, program ini akan senantiasa berlanjut dalam beberapa tahun ke depan. Agar, mampu membawa peningkatan kecakapan bagi seluruh elemen masyarakat dalam menggunakan ruang digital.

"Saya harap gerakan ini menggelinding dan terus membesar bisa mendorong berbagai inisiatif di tempat lain melakukan kerja-kerja konkret di tengah masyarakat," pungkasnya.[red]