Update

8/recent/ticker-posts

Polri Dukung Program Kominfo Membangun Infrastruktur TIK

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan, pihaknya siap mendukung program Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) membangun infrastruktur telekomunikasi dan informatika atau teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara merata diseluruh penjuru Tanah Air.

"Kami Polri siap mendukung seluruh program dari Menkominfo dalam rangka membangun infrastruktur TIK, sehingga bisa segera terwujud," kata Listyo Sigit Prabowo saat konferensi pers usai bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (4/5/2021).

Ia berharap, seluruh program Kominfo segera rampung dan bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat baik yang ada di wilayah pelosok, maupun yang ada di perkotaan.

Polri pun akan mengawal seluruh pembangunan infrastukrtur TIK sehingga segera terwujud fasilitas pelayanan maksimal bagi seluruh masyarakat, baik di wilayah perkotaan hingga terpencil sekalipun.

Sementara itu, Menteri Kominfo Johnny G. Plate menjelaskan, kunjunganya ke Mabes Polri adalah untuk bertemu dengan Kapolri dan menjelaskan terkait program yang ada di Kominfo. Salah satunya adalah membangun infrastruktur (TIK) secara merata diseluruh penjuru Tanah Air.

Menurut Johnny, dalam rangka mendorong transformasi digital dari konvensional beralih ke ruang digital perlu dibangun infrastruktur digital TIK yang lebih memadai di seluruh wilayah di Tanah Air, khususnya di daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal atau 3T.

"Dalam kaitan dengan itu, Kominfo akan membangun infrastruktur TIK di wilayah 3 T melalui BLU Bakti Kominfo," jelas dia.

Menurut Johnny, pihaknya sangat membutuhkan dukungan berbagai pihak dalam mewujudkan rencana dan program tersebut. Salah satunya tentu instansi Polri sebagai aparat penegak hukum.

"Kita tidak bisa hindari kebutuhan infrastruktur TIK makin tinggi dan diperlukan masyarakat, tidak hanya di wilayah urban tapi secara khusus juga di wilayah-wilayah kampung-kampung, desa-desa. Tentu tantangannya banyak termasuk Kamtibmas. Tapi dengan dukungan dari Polri mudah-mudahan ini bisa dilakukan dengan baik," jelas Johnny.[red*]