Update

8/recent/ticker-posts

Satops Patnal Rutan Kelas I Cipinang Menghadiri Kegiatan Apel Siaga

JAKARTA – Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal) Rutan Kelas I Cipinang menghadiri Kegiatan Apel Siaga dan Penguatan Satops Patnal yang diadakan oleh Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta,Pada Jum'at (7/5).

Satops Patnal merupakan salah satu upaya yang mesti dilakukan untuk mendukung terselenggaranya pelaksanaan tugas pemasyarakatan di bidang keamanan dan ketertiban serta seluruh potensi permasalahan bisa terdeteksi, diatasi, dan ditangani, terutama dalam tekad memberantas peredaran narkoba dan menjadikan Lapas/Rutan di Lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta “Bersinar” (Bersih dari Narkoba). 

Dalam sambutannya Kakanwil DKI Jakarta, Ibnu Chuldun menyampaikan agar eksistensi Satops Patnal ini tidak hanya sebagai pelengkap organisasi semata, tetapi benar-benar sebagai suatu mekanisme yang bisa mendukung penuh optimalnya tugas dan fungsi pemasyarakatan dengan semangat kami “PASTI”.

“Satops Patnal wajib mempertahankan eksistensi dan harus bisa mendukung penuh tugas dan fungsi pemasyarakatan dengan optimal dan semangat Kami PASTI”, ujarnya.

Dan Selanjutnya pada kesempatan kedua Inspektur Wilayah III, Khairudin turut memberikan penguatan dengan mengedepankan Sistem Pengendalian Internal (SPI) dan betapa pentingnya SPI pada setiap Satuan Kerja.

Beliau Juga menerangkan bahwa pelaksanaan SPI tidak dapat menjamin adanya zero masalah karena adanya berbagai keterbatasan yang melekat baik dalam hal salah dalam pengambilan keputusan maupun karena adanya gangguan internal lain seperti perubahan personil, kekeliruan, kecerobohan maupun karena faktor kelelahan.

Namun beliau juga memberikan solusi atas adanya keterbatasan SPI ini antara lain dengan didukung SDM yang berkompeten, berkomitmen dan berintegritas, memberikan contoh keteladanan, melakukan internalisasi secara konsisten dan terakhir adalah melakukan penguatan, pemantauan dan perbaikan berkelanjutan.

Pelaksanaan penguatan yang dilakukan terhadap Satops Patnal seluruh UPT Pemasyarakatan di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta ini tak lain adalah untuk mewujudkan Lapas/Rutan Zero Halinar dan meningkatkan kewaspadaan terhadap gangguan.[cpn_red]