Update

8/recent/ticker-posts

Selama Masa Penyekatan, Polda Jatim temukan 21 Pemudik Positif Covid-19

PASURUAN - Selama masa penyekatan lebaran Idul Fitri 1442 H, Polda Jatim berhasil temukan 21 pemudik, positif Covid-19 saat terjaring selama masa penyekatan.

Kapolda Jatim Irjen. Pol. Dr. Nico Afinta Karo-Karo, S.I.K., S.H., M.H menjelaskan bahwa dari swab antigen yang dilakukan secara acak tersebut, ada 21 yang reaktif dan positif, sehingga dilakukan perawatan.

Jumlah ini terhitung kecil dibanding dari jumlah pemudik yang dikenakan tes swab antigen secara acak. Di Jawa Timur, sejak awal penyekatan sudah ada 3.197 orang yang dilakukan swab antigen.

"Total kendaraan yang telah diperiksa selama 9 hari belakangan, sebanyak 219.997 kendaraan dengan jumlah kendaraan yang diputar balik mencapai puluhan ribu yang sudah diputarbalik ada 43.665 kendaraan. Untuk itu, saya mengimbau kepada masyarakat yang sudah terlanjur mudik ke kampung halaman, jika ingin kembali ke perantauan, maka harus membawa sejumlah surat.

Apabila nanti kembali, tetap melengkapi diri dengan surat keterangan bebas covid dan surat tugas dari instansi atau perusahaan tempatnya bekerja, sedangkan untuk pribadi dilengkapi dengan surat RT/RW setempat,” tambah Kapolda Jatim.

"Dalam kunjungan ini saya memastikan penerapan prokes di tempat wisata dan tempat religi. Pasalnya, selama larangan mudik, destinasi wisata menjadi tempat yang diserbu masyarakat. Dan juga kami akan melakukan pengecekan arus balik, dari kegiatan tersebut, kami mengimbau agar pengelola wisata dan pengunjung untuk menerapkan protokol kesehatan,” pungkas Kapolda Jatim saat mengecek penerapan prokes di salah satu cafe dan kuliner di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, pada Sabtu (15/05/2021).**